FAHMI, SILVIA AFIDA (2025) ANALISIS KECELAKAAN TABRAK DEPAN-BELAKANG DI JALAN TOL. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
|
Text (ABSTRAK)
21011029-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
21011029-SKRIPSI-BAB_1.pdf Download (154kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 2)
21011029-SKRIPSI-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (570kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 3)
21011029-SKRIPSI-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 4)
21011029-SKRIPSI-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (834kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
21011029-SKRIPSI-BAB_5.pdf Download (123kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
21011029-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kecelakaan tabrak depan-belakang merupakan kecelakaan yang paling sering terjadi sebanyak 29% dari jumlah total 69,3% tabrakan yang terjadi. Kecelakaan tabrak depan-belakang tersebut dapat terjadi di jalan tol, salah satunya yaitu ruas jalan tol X. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa penyebab terjadinya kecelakaan tabrak depan-belakang adalah volume lalu lintas dan karakteristik jalan salah satunya jumlah lajur jalan. Di Indonesia, penelitian mengenai hal tersebut belum pernah dilaksanakan. Oleh karena itu, penelitian ini diambil dengan tujuan menganalisis faktor penyebab kecelakaan tabrak depan-belakang, menganalisis pengaruh volume lalu lintas dan jumlah lajur jalan, serta memberikan rekomendasi untuk mengurangi kecelakaan tabrak depan-belakang di jalan tol. Metode yang digunakan yaitu analisis 5W+1H dan analisis regresi poisson. Namun, dikarenakan adanya indikasi overdispersi sehingga diberikan alternatif lain yaitu analisis negatif binomial. Hasil dari penelitian ini yaitu faktor penyebab kejadian kecelakaan dikarenakan faktor manusia yaitu kurang antisipasi dan mengantuk. Berdasarkan hasil analisis, volume lalu lintas dan jumlah lajur berperngaruh terhadap peningkatan kejadian kecelakaan tabrak depan-belakang. Namun, pengaruh tersebut tidak signifikan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keselamatan, Kecelakaan Tabrak Depan-Belakang, Volume Lalu Lintas, Jumlah Lajur Jalan, Regresi Poisson, Regresi Negatif Binomial |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | 21011029 21011029 |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 08:31 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 08:31 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3855 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |