PERMATASARI, NISA ANDIKA (2025) KAJIAN PENGAWASAN PENGANGKUTAN MUATAN BARANG BERACUN DAN BERBAHAYA (B3). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
|
Text (ABSTRAK)
21011053_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf Download (734kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
21011053_SKRIPSI_BAB 1.pdf Download (100kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 2)
21011053_SKRIPSI_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 3)
21011053_SKRIPSI_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (249kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 4)
21011053_SKRIPSI_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
21011053_SKRIPSI_BAB 5.pdf Download (65kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
21011053_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pengangkutan barang beracun dan berbahaya (B3) memiliki risiko tinggi ter�hadap keselamatan manusia dan lingkungan, sehingga pengawasan ketat dan sistematis sangat penting. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi penerapan Sistem Manajemen Keselamatan (SMK) Angkutan B3, termasuk aspek teknis seperti cara muat, daya angkut, dimensi kendaraan, serta kesesuaian kelas jalan. Selain itu, ditinjau pula tingkat pengetahuan, keterampilan, dan perilaku pengemudi di PT XYZ, perusahaan logistik yang mendistribusikan material B3. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan ob�servasi, wawancara, dan kuesioner kepada 78 pengemudi. Evaluasi SMK B3 mengacu pada pedoman HSE Guidelines, dengan penilaian melalui form pen�capaian dan uji validitas instrumen oleh ahli. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan interpretatif untuk mengukur persentase pencapaian dan pemahaman pengemudi terhadap prosedur B3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT XYZ telah memenuhi sebagian besar aspek SMK Angkutan B3, terutama dalam persyaratan kendaraan dan pengemudi. Namun, masih ditemukan kekurangan seperti identifikasi pengemudi dan kelengkapan kendaraan. Secara keseluruhan, tingkat pemenuhan pengawasan dan kesiapan pengemudi berada pada kategori “sebagian besar terpenuhi” dengan nilai rata-rata 85,36%. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan pelatihan pengemudi dan perbaikan administrasi guna mendukung program zero ODOL dan keselamatan transportasi berkelanjutan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | B3, Sistem Manajemen Keselamatan, pengawasan, over dimension, over loading |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | 21011053 21011053 |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 02:56 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 02:56 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3848 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |