DESAIN DAN ANALISIS AERODINAMIS BODI BUS DENGAN METODE COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC

YUSUF, DEFRYAN (2025) DESAIN DAN ANALISIS AERODINAMIS BODI BUS DENGAN METODE COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
21021034-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (635kB)
[img] Text (BAB 1)
21021034-SKRIPSI-BAB_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 2)
21021034-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
21021034-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
21021034-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
21021034-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (89kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
21021034-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perancangan bus di Indonesia seringkali lebih memprioritaskan aspek visibilitas dan kenyamanan dibandingkan efisiensi aerodinamis, yang berakibat pada tingginya konsumsi bahan bakar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variasi desain bodi bus—khususnya pada jenis kaca (single glass dan double glass) serta konfigurasi spion (konvensional pada berbagai ketinggian dan spion kamera)—terhadap performa aerodinamika. Metode yang digunakan adalah simulasi numerik Computational Fluid Dynamics (CFD) dengan perangkat lunak SolidWorks Flow Simulation. Delapan model bus diuji pada tiga variasi kecepatan (70, 85, dan 100 km/jam) untuk mengukur drag force, lift force, dan koefisiennya. Analisa secara kualitatif dilakukan pada pengamatan kontur tekanan, kecepatan, dan shear stress guna melihat fenomena yang terjadi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan spion kamera merupakan modifikasi paling efektif, yang mampu mengurangi drag force secara signifikan hingga 12% dibandingkan spion konvensional. Selain itu, model dengan desain single glass secara konsisten menunjukkan performa aerodinamis yang sedikit lebih baik daripada double glass. Penurunan drag force ini terbukti berbanding lurus dengan efisiensi bahan bakar, di mana konfigurasi paling optimal berpotensi menghemat biaya operasional secara signifikan. Temuan ini memberikan landasan teknis bagi industri karoseri dan operator bus untuk mempertimbangkan aspek aerodinamika dalam perancangan kendaraan guna mencapai efisiensi energi yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aerodinamika, Bodi Bus, Computational Fluid Dynamics (CFD), Drag force, Efisiensi Bahan Bakar, Spion Kamera.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif
Depositing User: 21021034 21021034
Date Deposited: 29 Jul 2025 01:29
Last Modified: 29 Jul 2025 01:29
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3818

Actions (login required)

View Item View Item