SWASTIKA, INDRA (2025) PENGARUH VARIASI ELEKTROMAGNETIK PADA SALURAN BAHAN BAKAR TERHADAP PERFORMA MESIN DAN EMISI GAS BUANG. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
![]() |
Text (ABSTRAK)
21021019-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 1)
21021019-SKRIPSI-BAB_1.pdf Download (150kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
21021019-SKRIPSI-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
21021019-SKRIPSI-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (588kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
21021019-SKRIPSI-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
21021019-SKRIPSI-BAB_5.pdf Download (127kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
21021019-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Banyaknya jumlah kendaraan bermotor yang semakin meningkat dapat berdampak langsung terhadap kondisi lingkungan di Indonesia. Hal ini dikarenakan semakin banyak polusi yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor. Polusi yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor tercipta karena proses pembakaran yang terjadi tidak sempurna sehingga akan menghasilkan zat sisa yang akan bereaksi menjadi zat emisi gas buang. Berbagai cara dapat dilakukan untuk meningkatkan efisiensi pembakaran sehingga pembakaran yang terjadi lebih sempurna. Salah satu cara yang dapat dilakukan dengan memperbesar luas permukaan reaksi. Bahan bakar dalam kondisi normal bersifat berkelompok atau menggumpal sehingga perlu dipecah untuk menghasilkan pembakaran yang lebih sempurna. Untuk memecah bahan bakar yang berkelompok atau menggumpal dapat memberi perlakuan medan magnet. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui performa dan emisi gas buang yang dihasilkan oleh kendaraan dengan teknologi karburator maupun injeksi dengan perlakuan variasi elektromagnet pada saluran bahan bakar. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen untuk membandingkan kondisi mesin tanpa elektromagnet, elektromagnet inti karet, dan elektromagnet inti besi dengan mesin karburator maupun injeksi untuk mengetahui torsi, daya, emisi CO dan HC. Mesin karburator maupun mesin injeksi mengalami peningkatan performa setelah diberi perlakuan elektromagnet. Mesin karburator dan mesin injeksi mengalami penurunan emisi CO dan HC setelah menggunakan elektromagnet dengan inti karet dan besi. Akan tetapi, penggunaan elektromagnet dengan inti besi menghailkan dampak yang lebih optimal dalam meningkatkan daya, torsi dan menurunkan CO dan HC.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kendaraan bermotor, elektromagnet, performa mesin, emisi gas buang |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif |
Depositing User: | 21021019 21021019 |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 01:28 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 01:28 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3817 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |