IMPLEMENTASI K3 UJI BERKALA KENDARAAN BERMOTOR LISTRIK MENGGUNAKAN METODE HIRADC (STUDI KASUS UPTD PKB TANDES)

MUSLIM, RAFI'U DARAJAT (2025) IMPLEMENTASI K3 UJI BERKALA KENDARAAN BERMOTOR LISTRIK MENGGUNAKAN METODE HIRADC (STUDI KASUS UPTD PKB TANDES). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
22031020_KKW-ABSTRAK.pdf

Download (304kB)
[img] Text (BAB 1)
22031020_KKW-BAB 1.pdf

Download (87kB)
[img] Text (BAB 2)
22031020_KKW-BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
22031020_KKW-BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
22031020_KKW-BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (788kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
22031020_KKW-BAB 5.pdf

Download (113kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
22031020_KKW-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini didorong oleh meningkatnya penggunaan kendaraan listrik (Battery Electric Vehicle / BEV) sebagai transportasi umum di Surabaya serta perlunya penerapan manajemen risiko K3 dalam proses pengujiannya dengan menggunakan metode Hazard Identification, Risk Assessment, and Determining Control (HIRADC). Penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi literatur. Melalui HIRADC, penulis mengidentifikasi potensi bahaya pada setiap tahap pengujian, menilai tingkat risikonya berdasarkan kombinasi kemungkinan (likelihood) dan keparahan (severity), serta merekomendasikan upaya pengendalian risiko, mulai dari eliminasi, substitusi, pengendalian teknis, administratif, hingga penggunaan alat pelindung diri (APD).Setelah dilakukan identifikasi potensi bahaya dan risiko pada porses kegiatan pengujian kendaraan bermotor listrik didapatkan hasil terdapat 6 proses kegiatan dengan risiko rendah (low risk), 13 kegiatan dengan risiko sedang (moderate risk), dan 6 proses kegiatan dengan risiko tinggi (high risk). Setelah diberikan pengendalian risiko / penurunan risiko didapatkan bahaya dan risiko sebagai berikut, 19 Proses kegiatan memiliki risiko rendah (low risk), dan 6 Proses kegiatan memiliki risiko sedang (moderate risk). . Hasil penelitian menunjukkan adanya berbagai potensi bahaya, terutama terkait sistem kelistrikan tegangan tinggi, serta risiko yang dapat menimbulkan cedera atau kerugian material.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: HIRADC, K3, Manajemen risiko, Pengujian kendaraan listrik
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: 22031020 22031020
Date Deposited: 30 Jul 2025 01:30
Last Modified: 30 Jul 2025 01:30
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3815

Actions (login required)

View Item View Item