PUTRI, RAUDINA RILAWANI (2025) RANCANG BANGUN APLIKASI IDENTIFIKASI LOKASI RAWAN KECELAKAAN DENGAN METODE EQUIVALENT ACCIDENT NUMBER (EAN) DAN UPPER CONTROL LIMIT (UCL). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
![]() |
Text (ABSTRAK)
21011024-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 1)
21011024-SKRIPSI-BAB_1.pdf Download (114kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
21011024-SKRIPSI-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
21011024-SKRIPSI-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (380kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
21011024-SKRIPSI-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
21011024-SKRIPSI-BAB_5.pdf Download (127kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
21011024-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Kecelakaan lalu lintas menjadi indikator penting keselamatan jalan yang disebabkan oleh berbagai faktor, terutama faktor manusia. Daerah dengan potensi kecelakaan tinggi disebut sebagai daerah rawan kecelakaan, sedangkan titik-titik dengan kecelakaan berulang disebut lokasi rawan kecelakaan (blackspot). Identifikasi lokasi rawan kecelakaan penting dilakukan sebagai upaya pencegahan dan penanganan, namun di berbagai daerah, termasuk Kabupaten Tulungagung, proses ini masih dilakukan secara manual dan dinilai kurang efektif karena memerlukan waktu yang lama. Dibutuhkan sebuah sistem berbasis aplikasi yang dapat mengidentifikasi dan memetakan lokasi rawan kecelakaan secara lebih tepat, akurat, dan efisien. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, aplikasi identifikasi lokasi rawan kecelakaan dibangun dengan menganalisis data kecelakaan menggunakan metode Equivalent Accident Number (EAN) dan Upper Control Limit (UCL). Sistem ini dikembangkan melalui pendekatan Extreme Programming (XP) dengan tahapan perencanaan, perancangan, pemrograman, dan pengujian untuk menghasilkan aplikasi berbasis web yang mampu menentukan lokasi rawan kecelakaan secara otomatis dan informatif. Rancang bangun aplikasi identifikasi lokasi rawan kecelakaan telah dibuat dengan branding yaitu Sistem Identifikasi Lokasi Rawan Kecelakaan (SILOKA). Hasil identifikasi dengan aplikasi menghasilkan 15 ruas jalan daerah rawan kecelakaan dan 66 stasioner sebagai lokasi rawan kecelakaan. Pengujian pada aplikasi SILOKA menggunakan blackbox testing pada 7 responden dan dinyatakan “valid”, artinya tidak terjadi error dan berjalan normal sesuai harapan. Aplikasi yang dibangun dapat dimanfaatkan oleh pemangku kepentingan sebagai dasar pengambilan keputusan untuk menangani lokasi rawan kecelakaan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Identifikasi Lokasi Rawan Kecelakaan, Blackspot, Equivalent Accident Number (EAN), Upper Control Limit (UCL), Aplikasi |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | 21011024 21011024 |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 01:27 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 01:27 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3814 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |