STUDI KASUS VARIASI SUHU KERJA REM DAN BEBAN ANGKUT TERHADAP EFISIENSI PENGEREMAN MENGGUNAKAN ALAT UJI BRAKE TESTER

HIDAYAT, KELVIN (2022) STUDI KASUS VARIASI SUHU KERJA REM DAN BEBAN ANGKUT TERHADAP EFISIENSI PENGEREMAN MENGGUNAKAN ALAT UJI BRAKE TESTER. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
19030589-KKW-ABSTRAK.pdf

Download (271kB)
[img] Text (BAB 1)
19030589-KKW-BAB_1.pdf

Download (104kB)
[img] Text (BAB 2)
19030589-KKW-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
19030589-KKW-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
19030589-KKW-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (991kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
19030589-KKW-BAB_5.pdf

Download (103kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
19030589-KKW-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (864kB) | Request a copy

Abstract

Banyak kecelakaan yang terjadi di Indonesia, salah satu faktor yang menyebabkan kecelakaan adalah dari kendaraan itu sendiri. Hal ini bisa disebabkan karena kelalaian pemilik kendaraan yang kurang memperhatikan beban muatan yang di angkut kendaraan pada saat dijalan raya dan kurangnya pemahaman pengemudi tentang penggunaan sistem rem, sehingga terjadi gesekan yang berlebihan antara kampas rem dan tromol. Akibatnya terjadi rem blong atau kegagalan fungsi rem pada kendaraan itu sendiri. Kondisi ini sangat berpotensi menimbulkan kecelakaan yang fatal, khususnya kendaraan dengan beban pengereman yang tinggi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penambahan variasi suhu kerja rem dan penambahan variasi beban angkut terhadap efisiensi pengereman dengan alat uji brake tester. Penelitian yang dilakukan ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Metode ini digunakan untuk mengetahui pengaruh penambahan suhu kerja rem serta pengaruh penambahan beban angkut terhadap efisiensi rem utama pada kendaran barang. Metode ini bersifat penelitian eksperimental untuk mencoba sesuatu dan mengetahui sebab akibat dari suatu perlakuan. Percobaan menggunakan variasi suhu kerja rem dari suhu 80°, 100°, dan 120° menunjukkan bahwa suhu rem mempengaruhi efisiensi pengereman, karena suhu kerja rem yang tinggi (over heating) mengakibatkan sistem rem mengalami fading, sehingga komponen yang berada di dalam tromol rem dapat mengalami kerusakan. Percobaan dengan menggunakan variasi berbagai beban angkut dari beban dibawah sampai lebih dari daya angkut menunjukkan bahwa beban angkut mempengaruhi efisiensi pengereman kendaraan, karena beban angkut membuat gaya pengereman bekerja lebih keras. Hasil dari percobaan pada saat suhu 120° dan beban lebih dari daya angkut kendaraan, nilai efisiensi pengereman 34% paling kecil dibawah ambang batas. Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan sosialisasi bagi para pengemudi angkutan barang, mengenai pengetahuan penggunaan sistem rem yang benar dan pengetahuan tata cara pemuatan barang akan pentingnya pembatasan besar muatan untuk mencegah rem hilang kendali.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Panas rem berlebih, beban angkut, efisiensi rem
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: 19.03.0589 19.03.0589
Date Deposited: 15 Aug 2022 06:54
Last Modified: 15 Aug 2022 06:54
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/381

Actions (login required)

View Item View Item