ANALISIS PENGARUH U-TURN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN RAYA SERPONG KOTA TANGERANG SELATAN

ALFARABI, MUHAMMAD AUNILAH (2025) ANALISIS PENGARUH U-TURN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN RAYA SERPONG KOTA TANGERANG SELATAN. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
21013077-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
21013077-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (127kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
21013077-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
21013077-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (860kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
21013077-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
21013077-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (124kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
21013077-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Jalan Raya Serpong di Kota Tangerang Selatan merupakan jalan provinsi dengan intensitas lalu lintas tinggi yang mengalami penurunan kinerja akibat keberadaan fasilitas U-Turn yang tidak memenuhi ketentuan teknis. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh fasilitas U-Turn terhadap kinerja lalu lintas pada ruas jalan tersebut, dengan fokus pada dua lokasi, yakni di depan WTC Mall dan Madinah Carpets. Analisis kinerja ruas jalan dilakukan berdasarkan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2023, sedangkan evaluasi fasilitas U-Turn mengacu pada teori antrean Jay dan Barry melalui perhitungan rasio tingkat pelayanan. Data diperoleh melalui survei lapangan yang mencakup parameter geometrik, volume lalu lintas, kecepatan, waktu tempuh, serta panjang antrean. Hasil analisis menunjukkan bahwa kecepatan tempuh aktual berada di bawah standar ideal, dengan derajat kejenuhan sebesar 0,52 dan tingkat pelayanan jalan berada pada kategori E. Pada fasilitas U-Turn, antrean kendaraan mencapai panjang maksimum 174 meter dengan rasio tingkat pelayanan melebihi satu, mengindikasikan terjadinya antrean yang signifikan. Simulasi menggunakan perangkat lunak PTV Vissim menunjukkan bahwa alternatif perbaikan berupa pelebaran jalan, perubahan desain U-Turn, serta penutupan salah satu titik U-Turn mampu menurunkan antrean hingga 59% dan meningkatkan kecepatan kendaraan secara signifikan. Alternatif paling efektif adalah kombinasi pelebaran jalan, redesain, dan penataan ulang lokasi sesuai pedoman teknis. Temuan ini menegaskan bahwa perencanaan ulang fasilitas U-Turn berdasarkan standar teknis berperan penting dalam meningkatkan efisiensi, kelancaran, dan keselamatan lalu lintas di Jalan Raya Serpong.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: U-Turn, Kinerja Ruas, PKJI 2023, Jay dan Barry, Antrean kendaraan, PTV Vissim.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 21013077 21013077
Date Deposited: 25 Jul 2025 01:00
Last Modified: 25 Jul 2025 01:00
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3789

Actions (login required)

View Item View Item