FAJRI, NIKEN NUR (2025) ANALISIS PENGARUH SUHU DAN CUACA TERHADAP NILAI SKID RESISTANCE PADA PERKERASAN JALAN. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
|
Text (ABSTRAK)
21011052-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (555kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
21011052-SKRIPSI-BAB_1.pdf Download (113kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 2)
21011052-SKRIPSI-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (499kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 3)
21011052-SKRIPSI-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (678kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 4)
21011052-SKRIPSI-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (930kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
21011052-SKRIPSI-BAB_5.pdf Download (185kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
21011052-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (937kB) | Request a copy |
Abstract
Penurunan nilai skid resistance pada perkerasan jalan dapat mengganggu keamanan dan keselamatan pengguna jalan. Kinerja skid resistance dipengaruhi oleh beberapa faktor termasuk karakteristik permukaan, kinerja ban, jumlah kendaraan per hari, serta faktor lingkungan berupa cuaca dan suhu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh suhu dan cuaca terhadap nilai skid resistance pada perkerasan lentur dan kaku. Metode yang digunakan penelitian ini adalah survei menggunakan alat T2GO friction tester dan analisis statistik regresi menggunakan aplikasi R-Studio. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai skid resistance pada perkerasan kaku lebih tinggi dibandingkan pada perkerasan lentur. Pada perkerasan lentur, suhu dan cuaca memiliki pengaruh yang sebesar 24,52% terhadap nilai skid resistance dimana mencapai batas minimum pada suhu udara 37⁰C. Sementara itu pada perkerasan kaku, suhu dan cuaca memiliki pengaruh sebesar 78,80% terhadap nilai skid resistance dimana mencapai batas minimum pada suhu udara 47⁰C. Dapat disimpulkan bahwa baik pada perkerasan lentur maupun kaku, suhu dan cuaca memiliki pengaruh yang signifikan terhadap nilai skid resistance. Pada variabel suhu udara, perubahan nilai skid resistance lebih signifikan terjadi pada perkerasan lentur dibandingkan dengan perkerasan kaku. Sebaliknya, pada variabel suhu permukaan, perkerasan kaku menunjukkan perubahan skid resistance yang lebih besar dibandingkan perkerasan lentur. Sementara itu, dalam kondisi cuaca yang berbeda, perkerasan kaku cenderung lebih mampu mempertahankan nilai skid resistance dibandingkan perkerasan lentur.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | skid resistance, ASFT T2GO friction tester, suhu, cuaca, keselamatan |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | 21011052 21011052 |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 02:04 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 02:04 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3775 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |