PENGARUH PEMASANGAN SISTEM PENDINGIN PAD REM CAKRAM BERBASIS PELTIER PADA SEPEDA MOTOR TERHADAP TEMPERATURE DAN EFISIENSI REM

KUSUMA, BAGUS FILLA (2025) PENGARUH PEMASANGAN SISTEM PENDINGIN PAD REM CAKRAM BERBASIS PELTIER PADA SEPEDA MOTOR TERHADAP TEMPERATURE DAN EFISIENSI REM. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
21021008-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
21021008-SKRIPSI-BAB_I.pdf

Download (125kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
21021008-SKRIPSI-BAB_II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
21021008-SKRIPSI-BAB_III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (799kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
21021008-SKRIPSI-BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
21021008-SKRIPSI-BAB_V.pdf

Download (126kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
21021008-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (864kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh pemasangan sistem pendingin pad rem cakram berbasis modul peltier terhadap temperature rem dan efisiensi pengereman. Penelitian dilakukan secara eksperimental dengan variasi kecepatan (40 km/jam dan 50 km/jam) serta durasi pengereman (60 detik dan 120 detik), dengan kondisi peltier aktif maupun non-aktif. Data temperature dan efisiensi pengereman dilakukan dengan uji roadtest, untuk mendapatkan efisiensi dengan menggunakan pengukuran jarak pengereman. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem pendingin berbasis peltier mampu menghambat peningkatan temperature secara signifikan. Pada pengujian 40km/jam dengan lama pengereman120 detik dengan peltier non-aktif, temperature pad rem meningkat hingga 82,06°C, sedangkan dengan aktivasi peltier hanya mencapai 53,72°C. Efisiensi pengereman juga mengalami peningkatan signifikan, ditunjukkan oleh pemendekan jarak pengereman dan nilai perlambatan yang lebih tinggi. Perbandingan antara hasil prediksi teoritis dan data aktual menunjukkan tingkat akurasi yang tinggi dengan nilai Mean Absolute Percentage Error (MAPE) sebesar 1,7% untuk efisiensi pengereman. Sistem pendingin pad rem cakram berbasis peltier efektif menurunkan temperature kinerja rem dan meningkatkan efisiensi pengereman. Temuan ini berkontribusi pada pengembangan teknologi keselamatan kendaraan roda dua, khususnya dalam mencegah kegagalan rem akibat panas berlebih.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendingin Rem, Modul Peltier, Temperature Pad Rem, Efisiensi Pengereman.
Subjects: Q Science > QC Physics
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif
Depositing User: 21021008 21021008
Date Deposited: 22 Jul 2025 02:37
Last Modified: 22 Jul 2025 02:44
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3765

Actions (login required)

View Item View Item