RANCANG BANGUN ALAT BANTU PENGUKUR PENYIMPANGAN KINCUP RODA DEPAN KENDARAAN MENGGUNAKAN ESP-32

DZAKI, HAIDAR (2025) RANCANG BANGUN ALAT BANTU PENGUKUR PENYIMPANGAN KINCUP RODA DEPAN KENDARAAN MENGGUNAKAN ESP-32. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
22031047-KKW-ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
22031047-KKW-BAB_1.pdf

Download (63kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
22031047-KKW-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
22031047-KKW-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
22031047-KKW-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
22031047-KKW-BAB_5.pdf

Download (72kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
22031047-KKW-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Peningkatan jumlah kendaraan bermotor menyebabkan perlunya pengujian berkala untuk memastikan keselamatan dan kelayakan jalan. Salah satu proses uji berkala kendaraan adalah pemeriksaan kincup roda depan menggunakan side slip tester. Namun, ketergantungan pada listrik dan biaya operasional yang tinggi mendorong kebutuhan akan alternatif yang lebih fleksibel. Penelitian ini merancang dan membangun alat bantu pengukur penyimpangan kincup roda depan kendaraan menggunakan mikrokontroler ESP-32 dan potensiometer. Alat ini dirancang agar dapat memberikan hasil pengukuran secara otomatis melalui LCD I2C dan printer thermal tanpa bergantung pada arus listrik. Metode pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Kalibrasi alat dengan dial indikator menghasilkan nilai yang berada dalam toleransi 10% nilai standar dan evaluasi oleh 3 penguji kendaraan bermotor menghasilkan 93.33% atau masuk kategori sangat layak. Percobaan dilakukan pada tiga jenis kendaraan wajib uji yaitu mobil penumpang umum, mobil bus kecil dan mobil bus sedang dengan masing-masing kendaraan diuji sebanyak sepuluh kali. Hasil alat dibandingkan dengan side slip tester terkalibrasi dan diolah menggunakan uji t-student. Hasil menunjukan bahwa rata-rata selisih percobaan dengan tiga kendaraan sebesar 0.14 mm/m dan hasil pengolahan dengan uji t-studnet menunjukkan bahwa hipotesis nol (H0) diterima, sehingga antara alat dan dengan side slip tester tidak ada perbedaan yang signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Side Slip Tester, ESP-32, Potensiometer, Kincup Roda depan, Uji t-Student
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: 22031047 22031047
Date Deposited: 16 Jul 2025 03:15
Last Modified: 16 Jul 2025 03:15
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3728

Actions (login required)

View Item View Item