KHANAN, MUHAMMAD ABDUL (2022) RANCANG BANGUN ALAT PENDETEKSI SUHU PENGEREMAN PADA REM CAKRAM BERBASIS ARDUINO. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
18020271-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
18020271-SKRIPSI-BAB_I.pdf Download (126kB) |
|
Text (BAB II)
18020271-SKRIPSI-BAB_II.pdf Restricted to Registered users only Download (857kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
18020271-SKRIPSI-BAB_III.pdf Restricted to Registered users only Download (589kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
18020271-SKRIPSI-BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
18020271-SKRIPSI-BAB_V.pdf Download (83kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
18020271-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (503kB) | Request a copy |
Abstract
Transportasi tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia, bahkan kebutuhan transportasi semakin meningkat baik itu transportasi umum maupun pribadi. Selain manfaat yang cukup banyak bagi manusia, juga terdapat persoalan dimana perlu ditemukan solusi terbaik untuk penyelesaiannya, seperti kecelakaan lalu lintas. Masih banyak kecelakaan terjadi yang disebabkan karena brake fading sehingga mengakibatkan kegagalan sistem pengereman. Salah satu gejala yang sering terjadi pada rem yaitu kegagalan sistem pengereman (rem blong), gejala ini bisa berakibat fatal yang berujung kecelakaan. Maka penulis membuat alat pendeteksi suhu pengereman berbasis Arduino yang bertujuan untuk mengurangi angka kecelakaan yang diakibatkan oleh kegagalan sistem pengereman. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan menyempurnakan produk yang telah diteliti sebelumnya, maka metode yang tepat adalah Metode Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R&D). Ada beberapa proses dalam pembuatan sebuah alat antara lain pembuatan rancangan alat pada aplikasi Fritzing, penyusunan program menggunakan aplikasi Arduino IDE dan proses perakitan alat hingga menguji alat untuk memastikan bahwa alat telah bekerja sesuai dengan konsep. Pemasangan sensor diletakkan pada celah kaliper rem dan sensor mengarah antara kampas rem dengan piringan cakram sehingga sensor dapat membaca suhu pengereman serta output bekerja sesuai konsep. Pengujian sensor secara road test dilakukan sebanyak 7 kali percobaan dengan cara menjalankan mobil dengan menekan setengah pedal rem dan dijalankan selama 5 menit setiap percobaannya. Semakin lama proses road test dilakukan, maka semakin tinggi suhu dari pengereman pada mobil.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Transportasi, Rem, Brake fading, Arduino IDE, Fritzing |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif |
Depositing User: | 18.02.0271 18.02.0271 |
Date Deposited: | 16 Aug 2022 07:15 |
Last Modified: | 16 Aug 2022 07:15 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/372 |
Actions (login required)
View Item |