KERTAS KERJA WAJIB STUDI KASUS DISTRIBUSI BEBAN MUATAN TERHADAP GAYA PENGEREMAN DAN PENYIMPANGAN PENGEREMAN PADA KENDARAAN ANGKUTAN BARANG

AL FARIZI, SALMAN (2022) KERTAS KERJA WAJIB STUDI KASUS DISTRIBUSI BEBAN MUATAN TERHADAP GAYA PENGEREMAN DAN PENYIMPANGAN PENGEREMAN PADA KENDARAAN ANGKUTAN BARANG. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
19.03.0598-KKW-ABSTRAK.pdf

Download (378kB)
[img] Text (BAB 1)
19.03.0598-KKW-BAB 1.pdf

Download (184kB)
[img] Text (BAB 2)
19.03.0598-KKW-BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
19.03.0598-KKW-BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
19.03.0598-KKW-BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
19.03.0598-KKW-BAB 5.pdf

Download (165kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
19.03.0598-KKW-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (756kB) | Request a copy

Abstract

Pelanggaran tata cara pemuatan pada kendaraan angkutan barang marak terjadi di jalan raya, hal ini berdampak pada distribusi beban muatan pada masing-masing sumbu menjadi tidak merata. Penelitian ini berfokus pada pengujian gaya pengereman yang bertujuan untuk mengetahui persentase distribusi beban, gaya pengereman roda dan penyimpangan pengereman, serta pengaruh beban terhadap tekanan angin dan lebar tapak ban. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen, berupa distribusi beban pada kendaraan Mitsubishi Colt T120SS yang letak muatanya berubah-ubah pada bak muatan kemudian diujikan dengan alat uji rem. Alat yang dibutuhkan dalam penelitian ini yaitu kendaraan konfigurasi 1.1 Mitsubishi Colt T120SS, beban muatan,alat uji rem, timbangan, alat pengukur tekanan angin, alat pengukur gaya injak pedal, meteran. Hasil penelitian menunjukan persentase distribusi beban yang mendekati sama ketika beban ditempatkan merata pada bak muatan. Penempatan beban pada bak muatan berpengaruh terhadap gaya pengereman masing-masing roda pada sumbu 1 dan 2 kendaraan, dengan total gaya pengereman dan efisiensi pengereman paling tinggi pada saat beban ditempatkan paling depan bak muatan. Perbedaan pengereman masing-masing roda menyebabkan terjadinya penyimpangan pengereman pada penelitian ini dengan hasil penyimpangan paling rendah ketika beban ditempatkan merata dengan bak muatan dengan hasil penyimpangan pada sumbu 1 sebesar 3% ke kanan dan sumbu 2 sebesar 6% ke kanan. Variasi beban yang diujikan tidak berpengaruh pada tekanan angin ban, hanya berpengaruh pada lebar tapak ban yang semakin melebar ketika beban hanya bertumpu pada salah satu sisi bak kendaraan. Sisi yang menjadi tumpuan membuat tapak ban menjadi lebih lebar 10 mm dari sisi yang tidak diberi muatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Distribusi Beban, Bak Muatan, Gaya Pengereman, Penyimpangan, Ban.
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: 19.03.0598 19.03.0598
Date Deposited: 15 Aug 2022 06:46
Last Modified: 15 Aug 2022 06:46
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/370

Actions (login required)

View Item View Item