AZHAR, SABRIAN FATAH (2025) ANALISIS PENGGUNAAN TIPE KONEKTOR PENGISIAN DAYA PADA KENDARAAN LISTRIK. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
|
Text (ABSTRAK)
22033105-KKW-ABSTRAK.pdf Download (363kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
22033105-KKW-BAB I.pdf Download (99kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
22033105-KKW-BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (349kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
22033105-KKW-BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (419kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
22033105-KKW-BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB V)
22033105-KKW-BAB V.pdf Download (117kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
22033105-KKW-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (226kB) | Request a copy |
Abstract
Kendaraan listrik merupakan solusi efektif untuk mengurangi polusi udara dan emisi gas rumah kaca. Emisi yang dihasilkan jauh lebih rendah dibandingkan kendaraan berbahan bakar fosil. Peralihan ini tidak hanya meningkatkan kualitas udara, tetapi juga mendukung upaya global dalam mengatasi perubahan iklim dan menciptakan lingkungan yang lebih bersih. Standar GB/T belum diatur dalam Peraturan Menteri ESDM No. 1 Tahun 2023, sehingga menghambat penyediaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Pengguna kendaraan dengan konektor GB/T harus menggunakan adaptor saat mengisi daya. Hal ini menambah kesulitan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen dengan metode observasi. Tujuan dari penggunaan eksperimen untuk menjelaskan hubungan sebab akibat antara satu variabel dengan variabel lainnya. Objek yang akan digunakan berupa kendaraan listrik jenis MPV (Multi Purpose Vehicle) dengan konektor GB/T DC dan jenis SUV (Sport Utility Vehicle) dengan konektor CCS Combo 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konektor tipe CCS Combo 2 memiliki kecepatan pengisian daya yang lebih cepat dibandingkan konektor tipe GB/T DC. Waktu pengisian dari 20% hingga 80% untuk CCS Combo 2 hanya memerlukan 45 menit, sedangkan untuk GB/T DC membutuhkan 65 menit. Hasil analisis juga menunjukkan perbedaan signifikan antara kedua konektor tersebut dalam hal waktu pengisian, tegangan, arus, suhu, dan daya selama proses pengisian. Faktor yang mempengaruhi dalam pengukuran daya pada konektor tipe GB/T DC meliputi tegangan, arus, dan persentase baterai (data 1). Konektor tipe CCS Combo 2 faktor yang berpengaruh hanya tegangan dan arus.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kendaraan Listrik, Konektor Pengisian Daya, GB/T DC, CCS Combo 2 |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications Q Science > QA Mathematics T Technology > T Technology (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif |
Depositing User: | 22033105 22033105 |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 01:26 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 01:26 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3696 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |