RANCANG BANGUN ALAT PENDETEKSI INTENSITAS CAHAYA DAN TINGGI LAMPU BELAKANG KENDARAAN BERMOTOR

TRIMULYO, SATRIO DAFID BAGUS (2022) RANCANG BANGUN ALAT PENDETEKSI INTENSITAS CAHAYA DAN TINGGI LAMPU BELAKANG KENDARAAN BERMOTOR. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
19030567_KKW_ABSTRAK.pdf

Download (618kB)
[img] Text (BAB 1)
19030567_KKW_BAB 1.pdf

Download (183kB)
[img] Text (BAB 2)
19030567_KKW_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
19030567_KKW_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (817kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
19030567_KKW_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (967kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
19030567_KKW_BAB 5.pdf

Download (173kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
19030567_KKW_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (677kB) | Request a copy

Abstract

Kendaraan di Indonesia semakin berkembang sangat cepat, dengan semakin berkembangnya kendaraan ini maka hal tersebut mempengaruhi jumlah kecelakaan kendaraan tiap tahunnya. Menurut data PT Jasa Marga (Persero) kecelakaan yang terjadi di indonesia 46% nya terjadi pada jalan tol, dan penyebab yang terjadi pada kecelakaan di jalan ialah 86% diantaranya disebabkan oleh human error atau kesalahan faktor manusia dan, 33% kecelakaan yang berada di jalan tol yang melibatkan kendaraan berat yaitu kecelakaan tabrak belakang kendaraan. Jenis metode penelitian yang penulis terapkan merupakan metode Research and Development (R&D) atau penelitian dan pengembangan yang artinya penelitian ini merupakan sebuah pengembangan dari penelitian sebelumnya yaitu berupa pengembangan dalam bentuk perancangan alat ukur intensitas cahaya dan tinggi lampu kendaraan bermotor yang diharapkan bisa diterapkan pada pengujian lampu kendaraan khususnya pada pengujian intensitas cahaya pada lampu belakang kendaraan. Rancangan alat terdiri dari sensor-sensor yang dirancang menjadi sebuah rancangan sistem yang kemudian diprogam untuk membuat suatu perintah pemrogaman. Cara kerja rangkaian yaitu pada sensor akan mengukur hasil pengukuran yang nantinya akan ditampilkan secara digital melalui layar LCD. Serta pada hasil penyimpangan pengukuran diperoleh presentase penyimpangan 0,97% dan 1,39% yang menunjukan konsistensi alat dalam pengukurannya. Prosedur alat dalam penggunaannya ialah kendaraan berada ditempat datar, pengukuran dilakukan dengan mensejajarkan posisi alat dengan lampu belakang kendaraan dengan jarak pengukuran 1 meter agar hasil pengukuran lebih optimal. Alat sudah divalidasi oleh penguji dengan hasil 83% Efektif dengan didasari oleh jawaban kuisioner penguji.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Intensitas cahaya, Lampu posisi belakang, Arduino Uno, Sensor Cahaya BH1750, Sensor Ultrasonik.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: 19.03.0567 19.03.0567
Date Deposited: 15 Aug 2022 02:56
Last Modified: 16 Aug 2022 03:38
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/368

Actions (login required)

View Item View Item