MUFID, MUHAMMAD FADHIL (2025) ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA PADA PELAYANAN FASILITAS DI TERMINAL TIPE C CONDONGCATUR KABUPATEN SLEMAN. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
|
Text (ABSTRAK)
21011048-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (744kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
21011048-SKRIPSI-BAB_1.pdf Download (180kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 2)
21011048-SKRIPSI-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 3)
21011048-SKRIPSI-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (674kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 4)
21011048-SKRIPSI-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
21011048-SKRIPSI-BAB_5.pdf Download (136kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
21011048-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pertumbuhan penduduk di Daerah Istimewa Yogyakarta mencapai 0,58%, dengan Kabupaten Sleman sebagai wilayah dengan kepadatan penduduk tertinggi, yaitu 1.996,88 jiwa/km² atau 30,69% dari total penduduk D.I. Yogyakarta. Namun, minat masyarakat Kabupaten Sleman terhadap penggunaan angkutan umum cenderung menurun. Penurunan dapat dilihat berdasarkan data dari Dinas Perhubungan Kabupaten Sleman, yaitu penurunan sebesar 6,52% dari tahun 2022 ke 2023, dan kembali menurun sebesar 10,83% dari tahun 2023 ke 2024, dari total penumpang 102.703 menjadi 91.578 yang berdampak pada efisiensi pengoperasian serta tingkat kepuasan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi eksisting dan tingkat kepuasan pengguna Terminal Tipe C Condongcatur, serta memberikan rekomendasi perbaikan yang diperlukan. Metode yang digunakan meliputi observasi langsung untuk menilai kondisi eksisting berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan No. 40 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Penyelenggaraan Terminal Penumpang dan Angkutan Jalan, serta penyebaran kuesioner kepada pengguna terminal melalui tautan dan QR Code untuk mengukur tingkat kepuasan. Analisis dilakukan dengan metode Customer Satisfaction Index (CSI) untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna, serta Importance Performance Analysis (IPA) untuk memberikan rekomendasi usulan perbaikan pada fasilitas yang berada pada Kuadran I. Hasil menunjukkan bahwa 20 dari 33 indikator fasilitas (61%) yang tersedia sesuai tolak ukur Terminal Tipe C. Tingkat kepuasan berdasarkan CSI sebesar 49,77%, yang dikategorikan kurang puas. Sementara itu, hasil IPA menunjukkan bahwa 64% yang dikategorikan belum memenuhi harapan pengguna. Fasilitas yang berada pada Kuadran I, seperti jalur pejalan kaki, jalur evakuasi, alat pemadam kebakaran, petugas keamanan, ruang tunggu, toilet, fasilitas dan petugas kebersihan, serta informasi pelayanan perlu diprioritaskan perbaikannya. Hal ini disebabkan karena fasilitas tersebut dianggap sangat penting oleh pengguna, namun belum terlaksana dengan baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan pengguna, Terminal Tipe C Condongcatur, Customer Satisfaction Index, Importance Performance Analysis |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | MUHAMMAD FADHIL MUFID |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 01:40 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 01:40 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3669 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |