PEMETAAN POTENSI BAHAYA DI RUAS JALAN TOL PALIMANAN – KANCI

WIDYANINGRUM, SHISKA WAHYU (2025) PEMETAAN POTENSI BAHAYA DI RUAS JALAN TOL PALIMANAN – KANCI. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
21013087-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (719kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
21013087-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (126kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
21013087-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
21013087-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
21013087-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
21013087-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (128kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
21013087-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Keselamatan jalan tol merupakan faktor penting dalam mendukung kelancaran transportasi dan perlindungan bagi pengguna jalan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi bahaya pada ruas Jalan Tol Palimanan - Kanci, membuat peta lokasi potensi bahaya risiko kecelakaan pada ruas Jalan Tol Palimanan – kanci, dan memberikan rekomendasi penanganan dalam mereduksi lokasi potensi bahaya risiko kecelakaan pada ruas Jalan Tol Palimanan – Kanci. Pendekatan penelitian bersifat kuantitatif dengan pengumpulan data primer dan data sekunder. Pengambilan data dengan melakukan Inspeksi Keselamatan Jalan (IKJ). Metode pengolahan data yang digunakan yaitu HIRARC (Hazard Identification, Risk Assessment, and Risk Control). Dari hasil identifikasi potensi bahaya, dilakukan pembuatan peta menggunakan platform WebGIS berbasis OpenStreetMap guna memvisualisasikan penyebaran titik potensi bahaya secara interaktif dan informatif. Hasil pemetaan menunjukkan terdapat 19 titik lokasi dengan 40 titik potensi bahaya, dengan tingkat risiko terdiri 22 extreme, 7 high, 10 moderate, dan 1 low. Potensi bahaya yang ditemukan meliputi kerusakan permukaan jalan, guardrail yang tidak sesuai standar, ketidakefektifan pita penggaduh pada area gerbang tol, serta keberadaan aktivitas liar seperti berhenti dan pedagang asongan di bahu jalan. Berdasarkan hasil tersebut, disusun rekomendasi penanganan dengan mengacu pada hierarki pengendalian risiko berbasis piramida yang melibatkan aspek engineering, education, dan law enforcement. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi dasar dalam perencanaan dan implementasi strategi peningkatan keselamatan jalan pada ruas Jalan Tol Palimanan – Kanci.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Jalan Tol, Potensi Bahaya, Inspeksi Keselamatan Jalan, HIRARC, WebGIS, OpenStreetMap.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 21013087 21013087
Date Deposited: 11 Jul 2025 01:11
Last Modified: 11 Jul 2025 01:11
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3664

Actions (login required)

View Item View Item