PAMBAYUN, FARISY YANUAR WIDIANSYAH (2025) RANCANG BANGUN ALAT SISTEM SAFE ZONE BERBASIS MOTION SENSOR SEBAGAI PERINGATAN KESELAMATAN PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
|
Text (ABSTRAK)
22031045-KKW-ABSTRAK.pdf Download (470kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
22031045-KKW-BAB_1.pdf Download (100kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 2)
22031045-KKW-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (532kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 3)
22031045-KKW-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 4)
22031045-KKW-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
22031045-KKW-BAB_5.pdf Download (88kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
22031045-KKW-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Keselamatan kerja di area pengujian kendaraan bermotor merupakan masalah kritis yang perlu mendapat perhatian serius karena tingginya risiko kecelakaan. Sistem keselamatan manual, seperti marka lantai dan rambu peringatan, sering kali terbukti kurang efektif karena keterbatasan dalam pengawasan visual. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem peringatan otomatis untuk mendeteksi potensi bahaya di dalam zona pengujian. Penelitian ini difokuskan pada perancangan dan pembuatan alat peringatan zona aman yang memanfaatkan teknologi sensor gerak. Penelitian dilakukan di Pengujian Kendaraan Bermotor (UPTD) Wiyung, Surabaya, dengan menggunakan pendekatan Penelitian dan Pengembangan (R&D) Level 3 berdasarkan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Sistem ini menggabungkan sensor gerak PIR (Passive Infrared) (HC-SR501), mikrokontroler Arduino Uno, dan komponen output seperti lampu strobo dan pengeras suara untuk memberi tahu pengguna. Proses perancangan meliputi identifikasi komponen, perakitan, pemrograman, dan pengujian sistem secara menyeluruh. Uji coba dilakukan untuk mengukur sensitivitas sensor dalam mendeteksi keberadaan manusia pada berbagai jarak dan sudut, serta menguji ketahanan perangkat terhadap gangguan lingkungan seperti getaran dan simulasi angin. Hasilnya menunjukkan bahwa perangkat tersebut dapat secara efektif mendeteksi gerakan hingga 6 meter dengan bidang pandang 90°, serta memberikan peringatan audio dan visual secara otomatis. Sebagai kesimpulan, sistem ini bekerja secara efektif dalam memberikan peringatan dini di zona bahaya pengujian. Alat ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang berharga untuk meningkatkan keselamatan di tempat kerja dengan mengurangi ketergantungan pada pengawasan manual selama proses pemeriksaan kendaraan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keselamatan kerja; Sistem Peringatan Otomatis; Arduino Uno; Sensor Gerak PIR HC-SR501; Pengujian Kendaraan Bermotor. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif |
Depositing User: | 22031045 22031045 |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 01:08 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 01:08 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3656 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |