PRATAMA, MAHARDHIKA PUTRA (2025) OPTIMALISASI CATALYTIC CONVERTER DENGAN PERTALITE-ETANOL TERHADAP EMISI GAS BUANG DAN PERFORMA MESIN. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
|
Text (ABSTRAK)
21021045-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (506kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
21021045-SKRIPSI-BAB_1.pdf Download (166kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 2)
21021045-SKRIPSI-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (411kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 3)
21021045-SKRIPSI-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (942kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 4)
21021045-SKRIPSI-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (486kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
21021045-SKRIPSI-BAB_5.pdf Download (193kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
21021045-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Catalytic converter merupakan salah satu teknologi kendaraan yang digunakan pada sistem pembungan kendaraan bermotor yang mempunyai fungsi untuk mereduksi kadar karbonmonoksida (CO), hidrokarbon (HC), dan nitrogen dioksida (NOX). Teknologi ini perlu menggunakan bahan yang bersifat ekonomis, katalis, dan tahan terhadap panas untuk menurunkan polusi udara yang dihasilkan dari emisi gas buang kendaraan bermotor. Selain itu, penggunaan bahan bakar alternatif juga dapat membantu dalam menekan polusi udara dan konsumsi bahan bakar fosil. Sehingga perlu adanya bahan baku lain dalam pembuatan catalytic dan bahan bakar bakar alternatif. Oleh karena itu, perlu dikembangkan bahan baku catalytic converter yang ekonomis dan mudah dijumpai seperti logam tembaga (Cu) dan stainless steel serta bahan bakar alternatif seperti ehtanol fuel grade. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental bertujuan untuk mengetahui pengaruh metallic catalytic converter dan mengetahui variasi bahan bakar pertalie – etanol terhadap emisi gas buang dan performa mesin kendaraan. Variasi campuran bahan bakar pertalite murni (EP0), pertalite + etanol 5% (EP5), pertalite + etanol 10% (EP10), pertalite + etanol 15% (EP15), dan pertalite + etanol 20% (EP20). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metallic catalytic converter berbahan tembaga (Cu) dan stainless steel dapat menurunakn emisi gas buang dan berdampak menurunkan performa mesin kendaraan. Hasil uji emisi gas buang bahwa penggunaan bahan bakar EP5 menjadi bahan bakar paling optimal yang dapat menurunkan CO sebesar 87,44% pada putaran mesin 2000 rpm dan HC sebesar 78,72% pada putaran mesin 4000 rpm. Sedangkan, hasil uji performa mesin menunjukkan penggunaan bahan bakar EP5 menjadi bahan bakar yang optimal. Penurunan torsi paling kecil sebesar 3,72% pada putaran mesin 2500 rpm dan penurunan daya paling kecil sebesar 9,38% pada putaran mesin 3500 rpm.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Catalytic Converter, Etanol, Tembaga (Cu), Emisi , Performa mesin |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif |
Depositing User: | 21021045 21021045 |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 02:44 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 02:44 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3602 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |