LAPORAN PRAKTEK KERJA PROFESI II BPTD WILAYAH XXII PROVINSI SULAWESI UTARA

ZUHRIANTO, FARHAN AFIF and SYABAN, M. NAUFAL NUR and KINANTI, SEKAR and ARIFINA, NURUL and RIZQULLAH, RICKY (2022) LAPORAN PRAKTEK KERJA PROFESI II BPTD WILAYAH XXII PROVINSI SULAWESI UTARA. Project Report. POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN. (Submitted)

[img] Text (ABSTRAK)
18010488_18010527_18010534_18010558_18010588-PKP-ABSTRAK.pdf

Download (493kB)
[img] Text (BAB 1)
18010488_18010527_18010534_18010558_18010588-PKP-BAB_1.pdf

Download (182kB)
[img] Text (BAB 2)
18010488_18010527_18010534_18010558_18010588-PKP-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text (BAB 3)
18010488_18010527_18010534_18010558_18010588-PKP-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (736kB)
[img] Text (BAB 4)
18010488_18010527_18010534_18010558_18010588-PKP-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (748kB)
[img] Text (BAB 5)
18010488_18010527_18010534_18010558_18010588-PKP-BAB_5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[img] Text (BAB 6)
18010488_18010527_18010534_18010558_18010588-PKP-BAB_6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (915kB)
[img] Text (BAB 7)
18010488_18010527_18010534_18010558_18010588-PKP-BAB 7.pdf

Download (156kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18010488_18010527_18010534_18010558_18010588-PKP-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (724kB)

Abstract

Transportasi memiliki peranan yang sangat penting dalam kemajuan suatu wilayah bahkan suatu negara (Istianto 2019). Seiring dengan perkembangan zaman, pergerakan lalu lintas yang semakin tinggi sebagai bukti bahwa kondisi transportasi sangat mempengaruhi bagi kehidupan. Dan tentunya tidak terlepas dari tujuan transportasi sebagai penunjang, pendorong, dan pembangunan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. Salah satu prinsip dasar dari penyelenggaraan transportasi adalah keselamatan. Pemerintah bertanggung jawab atas terjaminnya keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan. Untuk fasilitas utama di Terminal Tipe A Tangkoko Bitung sudah baik, hanya saja belum terdapat menara pengawas. Fasilitas penunjang belum ada tempat penitipan barang namun sudah ada troli untuk memudahkan penumpang yang membawa barang dan untuk ATM Center belum terdapat mesin ATM. Untuk fasilitas umum sudah baik dan pengawasan juga sangat ketat sehingga PO Bus yang melanggar langsung tidak bisa beroperasi. Pemeliharaan terminal baik karena terminal ini sudah bersih dan setiap minggunya diadakan kegiatan bersih- bersih bersama seluruh petugas di Terminal Tipe A Tangkoko. Terminal Liwas Malalayang merupakan terminal Tipe A yang saat ini masih berada di bawah naungan Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Utara. Untuk fasilitas utama di Terminal Tipe A Liwas Malalayang dalam kondisi cukup. Fasilitas penunjang sangat kurang karena hanya terdapat kios dan toilet. Kantor petugas terpisah dan tidak berada di lingkungan terminal. Pengawasan sudah baik karena satu jam sebelum jadwal keberangkatan dilakukan pengecekan namun dari awal tahun 2022 sudah tidak ada pembatasan penumpang. Untuk pemeliharaan terminal masih sangat kurang karena kondisi lingkungan Terminal Tipe A Liwas Malalayang kumuh dan kotor. Untuk fasilitas utama di Terminal Tipe A Boroko dalam kondisi cukup. Fasilitas penunjang cukup namun tidak terdapat kios, ruang pengobatan, ATM Center, dan tempat penitipan barang. Terminal Tipe A Boroko ini hanya digunakan untuk transit.Untuk fasilitas utama di UPPKB Wangurer sudah cukup lengkap, hanya kurang Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL). Fasilitas penunjang masih kurang karena belum terdapat kantin dan tempat istirahat pengemudi.Untuk fasilitas utama di UPPKB Inobonto masih kurang karena belum terdapat alat pemindai data kendaraan, alat pemindai dimensi kendaraan, sistem informasi, detektor kendaraan, papan informasi, dan APILL. Fasilitas penunjang juga masih kurang karena belum terdapat kantin dan tempat istirahat pengemudi. Hasil Identifikasi Daerah Rawan Kecelakaan dengan menggunakan metode EAN, didapatkan dua ruas jalan dengan peringkat tertinggi yaitu Ruas Jalan Poigar - Kaiya dan Ruas Jalan Kauditan - Airmadidi dengan jumlah kecelakaan selama 5 tahun terakhir di Ruas Jalan Poigar - Kaiya sebanyak 150 kejadian kecelakaan dan Ruas Jalan Kauditan - Airmadidi sebanyak 116 kejadian kecelakaan. Kecelakaan pada titik tersebut disebabkan oleh ketidakrataan jalan, kecepatan kendaraan yang tinggi dan pudarnya marka jalan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 18.01.0558 18.01.0558
Date Deposited: 16 Aug 2022 04:06
Last Modified: 16 Aug 2022 04:06
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/36

Actions (login required)

View Item View Item