MAHFUDZ, ROSSIAN JANUAR (2025) PERENCANAAN ANGKUTAN UMUM BREBES - TEGAL VIA JATIBARANG. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
|
Text (ABSTRAK)
21011057-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
21011057-SKRIPSI-BAB_1.pdf Download (89kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 2)
21011057-SKRIPSI-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 3)
21011057-SKRIPSI-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 4)
21011057-SKRIPSI-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (809kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
21011057-SKRIPSI-BAB_5.pdf Download (88kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
21011057-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pertumbuhan penduduk dan peningkatan aktivitas ekonomi di wilayah Kabupaten Brebes, Kabupaten Tegal dan Kota Tegal menyebabkan kebutuhan akan sistem layanan angkutan umum menjadi penting. Namun, angkutan umum yang beroperasi di jalur Brebes – Tegal Via Jatibarang belum terhubung antar daerah sehingga penumpang harus naik turun kendaraan untuk sampai ke tempat tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk merencanakan layanan angkutan umum yang terintegrasi melalui analisis permintaan potensial, kebutuhan armada dan penetapan tarif berdasarkan Biaya Operasional Kendaraan (BOK). Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data melalui survei statis angkutan umum, survei persebaran perjalanan (kuesioner) dan data sekunder dari penelitian sebelumnya. Penelitian ini dilakukan di 11 zona perencanaan dengan jumlah responden 400 orang yang ditentukan dengan menggunakan metode Slovin dan accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permintaan potensial sebesar 44% responden bersedia beralih ke angkutan umum yang direncanakan. Jumlah kebutuhan armada yang direkomendasikan sebanyak 13 unit bus sedang dengan waktu headway 10 menit. Tarif yang ditetapkan berdasarkan hasil perhitungan BOK sebesar Rp. 12.000 per penumpang. Penelitian ini diharapkan menjadi masukan dalam pengambilan kebijakan pengembangan transportasi antardaerah serta mendorong masyarakat untuk beralih dari kendaraan pribadi ke angkutan umum.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kebutuhan armada, Permintaan potensial, Tarif |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | 21011057 21011057 |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 01:09 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 01:09 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3561 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |