LAPORAN MAGANG II ANALISIS PENENTUAN LOKASI RAWAN KECELAKAAN MENGGUNAKAN METODE EAN BKA DAN UCL PADA RUAS JALAN BTS. KOTA TULUNGAGUNG - BTS KABUPATEN BLITAR

DIYAN, PRAYOGO (2025) LAPORAN MAGANG II ANALISIS PENENTUAN LOKASI RAWAN KECELAKAAN MENGGUNAKAN METODE EAN BKA DAN UCL PADA RUAS JALAN BTS. KOTA TULUNGAGUNG - BTS KABUPATEN BLITAR. Project Report. POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN, TEGAL. (Submitted)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
21011008_MAGANG 2_ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
21011008_MAGANG 2_BAB 1.pdf

Download (202kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
21011008_MAGANG 2_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
21011008_MAGANG 2_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (806kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
21011008_MAGANG 2_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
21011008_MAGANG 2_LAMPIRAN.pdf

Download (168kB) | Preview

Abstract

Tingginya angka kecelakaan lalu lintas menjadi permasalahan serius yang memerlukan penanganan prioritas, khususnya pada jalan nasional dengan tingkat mobilitas tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menentukan lokasi rawan kecelakaan pada ruas Jalan BTS. Kota Tulungagung – BTS. Kabupaten Blitar yang diketahui memiliki frekuensi kecelakaan tertinggi di Kabupaten Tulungagung. Metode yang digunakan dalam analisis ini adalah Equivalent Accident Number (EAN), Batas Kontrol Atas (BKA), dan Upper Control Limit (UCL) yang berbasis pada data kecelakaan tahun 2022–2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ruas jalan tersebut menempati peringkat pertama sebagai lokasi rawan kecelakaan. Identifikasi black spot dilakukan dengan membagi ruas jalan sepanjang 21,77 km menjadi 22 segmen, dan diperoleh tujuh segmen dengan nilai EAN melebihi BKA dan UCL. Karakteristik kecelakaan yang dominan meliputi tabrakan depan-samping dan melibatkan sepeda motor sebagai kendaraan terbanyak. Waktu kejadian paling sering terjadi pada dini hari dan dalam kondisi tanpa penerangan. Penelitian ini memberikan dasar dalam prioritas penanganan keselamatan jalan dan perencanaan peningkatan fasilitas prasarana di lokasi rawan kecelakaan

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: LOKASI RAWAN KECELKAAN, EAN, BKA, UCL
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 21011008 21011008
Date Deposited: 12 Jun 2025 07:56
Last Modified: 12 Jun 2025 07:56
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3500

Actions (login required)

View Item View Item