SAPUTRA, FERI (2025) ANALISIS FAKTOR KECELAKAAN KENDARAAN KELUAR JALUR PADA RUAS TOL SEMARANG BATANG. Project Report. POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN, TEGAL. (Submitted)
|
Text (ABSTRAK)
21013102-Magang 2-ABSTRAK.pdf Download (316kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
21013102-Magang 2-BAB_1.pdf Download (100kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 2)
21013102-Magang 2-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 3)
21013102-Magang 2-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 4)
21013102-Magang 2-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (522kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
21013102-Magang 2-BAB_5.pdf Download (85kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
21013102-Magang 2-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (942kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan kendaraan keluar dari lajur di Jalan Tol Semarang-Batang, dengan fokus pada faktor manusia, kendaraan, dan lingkungan. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif, dengan menggunakan data primer dan sekunder yang dikumpulkan dari survei dan Jasa Marga Semarang-Batang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang berhubungan dengan pengemudi, terutama mengantuk, menyumbang 92% dari kecelakaan, sementara faktor yang berhubungan dengan kendaraan, seperti rem blong, menyumbang 8%. Kondisi lingkungan dan jalan tidak menunjukkan dampak yang signifikan. Untuk mengurangi kecelakaan ini, studi ini mengusulkan pemasangan sistem pagar pembatas rolling barrier, yang menyerap energi tabrakan dan mengarahkan kendaraan kembali ke jalurnya, di samping rumble strip untuk meningkatkan kewaspadaan pengemudi. Hasil penelitian menunjukkan efektivitas tindakan-tindakan ini dalam mengurangi kecelakaan dan meningkatkan keselamatan jalan. Kata kunci : Kecelakaan keluar lajur, keselamatan jalan tol, pagar pembatas rolling barrier, faktor manusia, pencegahan kecelakaan.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecelakaan keluar lajur, keselamatan jalan tol, pagar pembatas rolling barrier, faktor manusia, pencegahan kecelakaan. |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | 21013102 21013102 |
Date Deposited: | 10 Jun 2025 10:03 |
Last Modified: | 10 Jun 2025 10:03 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3483 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |