NINGSIH, DEWI YULIA (2025) LAPORAN MAGANG II PENGARUH PEMBERLAKUKAN SISTEM SATU ARAH TERHADAP KINERJA RUAS JALAN BERDASARKAN VOLUME LALU LINTAS DAN KEPUASAN PENGGUNA JALAN. Project Report. POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN, TEGAL. (Submitted)
|
Text (ABSTRAK)
21011039_MAGANG 2-ABSTRAK.pdf Download (564kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
21011039_MAGANG 2-BAB_1.pdf Download (93kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 2)
21011039_MAGANG 2-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 3)
21011039_MAGANG 2-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (629kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 4)
21011039_MAGANG 2-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (67kB) | Request a copy |
|
|
Text (LAMPIRAN)
21011039_MAGANG 2-LAMPIRAN.pdf Download (403kB) | Preview |
Abstract
Pertumbuhan pesat sektor pendidikan dan ekonomi di Kabupaten Jember berdampak signifikan terhadap peningkatan volume lalu lintas, terutama di kawasan kampus yang meliputi Jl. Jawa, Jl. Kalimantan, Jl. Mastrip, dan Jl. Riau. Untuk mengatasi kemacetan dan meningkatkan efisiensi lalu lintas, Pemerintah Kabupaten Jember menerapkan sistem satu arah pada ruas-ruas jalan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemberlakuan sistem satu arah terhadap kinerja ruas jalan berdasarkan volume lalu lintas dan tingkat kepuasan pengguna jalan. Metode yang digunakan meliputi survei volume lalu lintas sebelum dan sesudah pemberlakuan sistem satu arah, analisis derajat kejenuhan (DJ), tingkat pelayanan (LOS), serta survei kepuasan pengguna menggunakan pendekatan deskriptif dan kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberlakuan sistem satu arah memberikan dampak positif terhadap peningkatan kapasitas dan efisiensi ruas jalan di sebagian besar lokasi, ditandai dengan penurunan DJ dan peningkatan LOS. Selain itu, sebagian besar responden menyatakan kepuasan terhadap sistem tersebut, terutama dalam hal peningkatan kelancaran dan ketepatan waktu tempuh. Namun demikian, beberapa titik masih menunjukkan potensi kemacetan yang perlu ditindaklanjuti melalui penataan parkir dan pelebaran jalan. Penelitian ini diharapkan menjadi referensi penting bagi pemerintah daerah dalam merumuskan kebijakan rekayasa lalu lintas yang berbasis data dan berorientasi pada pelayanan publik.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | sistem satu arah, kinerja ruas jalan, volume lalu lintas, kepuasan pengguna, derajat kejenuhan, tingkat pelayanan. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | 21011039 21011039 |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 01:35 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 01:35 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3465 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |