OPTIMALISASI JUMLAH GARDU TOL TERHADAP ANTREAN

FERNANDO, MUHAMMAD REFQI (2022) OPTIMALISASI JUMLAH GARDU TOL TERHADAP ANTREAN. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
18010556-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
18010556-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (161kB)
[img] Text (BAB 2)
18010556-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
18010556-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
18010556-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (937kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
18010556-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (160kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18010556-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (963kB) | Request a copy

Abstract

Antrean adalah suatu proses yang berkaitan dengan kedatangan pelanggan di suatu fasilitas pelayanan. Jalan Tol merupakan salah satu fasilitas pelayanan yang berlangsung secara eksklusif dengan pengendalian penuh atas akses masuk. Masih sering terjadi antrean yang cukup panjang di Gerbang Tol Soreang pada saat Peak Hour. Pada saat Peak Hour antrean tersebut bisa mencapai lebih dari 10 kendaraan setiap gardu nya, sehingga perlu dilakukan penanganan antrean. Penelitian bertujuan mengetahui karateristik antrean dan mengoptimalisasi jumlah gardu tol agar mampu menunjang pelayanan di Gerbang Tol Soreang. Metode dalam penelitian menggunakan software WinQSB dengan metode Queuing Analysis dan hasil survei eksisting di lapangan. Hasil analisis di lapangan menunjukan jumlah gardu tol yang tersedia menjadi penyebab antrean karena tidak mampu beroperasi secara optimal untuk menampung jumlah kedatangan kendaraan di setiap waktu Peak Hour. Berdasarkan hasil penelitian karateristik antrean yang terjadi di Gerbang Tol Soreang terjadi pada waktu Peak Hour yaitu 17.00-18.00 dan 18.00-19.00. Penambahan gardu tol adalah solusi bagi permasalahan antrean di Gerbang Soreang. Peneliti merekomendasikan 3 (tiga) gardu tol masuk untuk beroperasi melayani pengguna jalan tol secara optimal pada periode waktu Peak Hour, dengan penambahan 1 (satu) gardu tol masuk Gerbang Soreang dan 4 (empat) gardu tol keluar Gerbang Soreang dengan menerapkan gardu tol Reversible menjadi gardu tol Fixed. Untuk penerapan rekomendasi gardu tol masuk menggunakan sistem Gardu Tandem di dalam Gerbang Masuk mengingat keterbatasan lahan dan kondisi eksisting maupun meminimalisir biaya pembuatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Antrean, Gerbang Soreang, Optimal, Peak Hour.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 18.01.0556 18.01.0556
Date Deposited: 15 Aug 2022 02:49
Last Modified: 15 Aug 2022 02:49
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/346

Actions (login required)

View Item View Item