LAPORAN MAGANG II KAJIAN TINGKAT KEWASPADAAN (SITUATION AWARNESS) PADA PENGEMUDI ANGKUTAN UMUM PERUM DAMRI DENGAN METODE QUASA

ALFIANTI, PRAMESTI GITA (2025) LAPORAN MAGANG II KAJIAN TINGKAT KEWASPADAAN (SITUATION AWARNESS) PADA PENGEMUDI ANGKUTAN UMUM PERUM DAMRI DENGAN METODE QUASA. Project Report. POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN, TEGAL. (Submitted)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
21013081_MAGANG II_ABSTRAK.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
21013081_MAGANG II_BAB 1.pdf

Download (512kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
21013081_MAGANG II_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
21013081_MAGANG II_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 4)
21013081_MAGANG II_BAB 4.pdf

Download (126kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
21013081_MAGANG II_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy

Abstract

Kesadaran situasional (situation awareness) pengemudi angkutan umum memiliki peran penting dalam keselamatan transportasi. Pengukuran tingkat kewaspadaan pengemudi Perum DAMRI diusulkan menggunakan metode QUASA (Quantitative Analysis of Situational Awareness). Metode yang digunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif dengan sampel sebanyak 86 responden dari total populasi 627 pengemudi. Data dikumpulkan melalui, dokumentasi (data kecelakaan dan data pengemudi), dan kuesioner (data uji kewaspadaan pengemudi), dianalisis menggunakan kalibrasi awareness, Signal Detection Theory (SDT), dan perhitungan sensitivitas serta bias. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai actual accuracy pengemudi sebesar 61,9%, lebih rendah dibandingkan perceived accuracy yang mencapai 82,1%. Tingkat kewaspadaan pengemudi hanya mencapai 65,4%, yang masih berada di bawah batas aman. Analisis sensitivitas menunjukkan bahwa pengemudi mampu membedakan sinyal dan noise, tetapi dengan tingkat keakuratan yang masih perlu ditingkatkan. Hasil perhitungan bias menunjukkan bahwa pengemudi cenderung memiliki kesulitan dalam menghadapi rangsangan yang ambigu. Menekankan pentingnya peningkatan kewaspadaan pengemudi melalui pelatihan, pengawasan yang lebih ketat, serta penggunaan teknologi dalam mendeteksi potensi bahaya saat berkendara.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: kesadaran situasional, kewaspadaan pengemudi, QUASA, keselamatan transportasi, angkutan umum.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 21013081 21013081
Date Deposited: 17 May 2025 02:37
Last Modified: 17 May 2025 02:37
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3449

Actions (login required)

View Item View Item