PENANGANAN LOKASI RAWAN KECELAKAAN PADA PERSIMPANGAN (STUDI KASUS : SIMPANG SUKARNO HATTA)

SASONO, GURIT NDARU (2025) PENANGANAN LOKASI RAWAN KECELAKAAN PADA PERSIMPANGAN (STUDI KASUS : SIMPANG SUKARNO HATTA). Project Report. POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN, TEGAL. (Submitted)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
21011041-MAGANG 2-ABSTRAK.pdf

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
21011041-MAGANG 2-BAB 1.pdf

Download (122kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
21011041-MAGANG 2-BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
21011041-MAGANG 2-BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
21011041-MAGANG 2-BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
21011041-MAGANG 2-BAB 5.pdf

Download (149kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
21011041-MAGANG 2-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy

Abstract

Bersumber pada data kecelakaan dari Satlantas Polrestabes Kota Semarang, jumlah kecelakaan pada persimpangan Sukarno Hatta dengan 25 kecelakaan sehingga termasuk pada Lokasi rawan Kecelakaan. Penyebab kecelakaan tersebut adalah kurang waspadanya pengendara, minimnya rambu lalu lintas, kurang lengkap dan jelasnya marka jalan, dan jarak pandang yang terganggu pada persimpangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi penanganan daerah rawan kecelakaan di Persimpangan Sukarno Hatta. Penanganan lokasi rawan kecelakaan merupakan langkah strategis untuk mengurangi risiko kecelakaan dan meningkatkan keselamatan jalan. Pendekatan ini melibatkan identifikasi lokasi rawan kecelakaan dengan metode frekuensi, analisis penyebab kecelakaan, serta implementasi intervensi yang efektif, seperti perbaikan infrastruktur jalan, pemasangan rambu, atau peningkatan edukasi dan penegakan hukum. Hasil penelitian ini menunjukan jenis kecelakaan terbanyak pada simpang ini berjenis samping – samping dan depan – belakang. Waktu kejadian kecelakaan terbanyak pada pukul 06.00 – 12.00. Kendaraan yang paling banyak terlibat adalah sepeda motor, dan faktor penyebab kecelakaanya didominasi factor manusia. Penangana untuk lokasi ini berupa pengecatan marka kembali, penanganan berupa desain ulang persimpangan, dan pembangunan fly over.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Persimpangan, Kecelakaan, Penanganan Lokasi Rawan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 21011041 21011041
Date Deposited: 20 May 2025 09:39
Last Modified: 20 May 2025 09:39
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3447

Actions (login required)

View Item View Item