LAPORAN MAGANG I PT PEMALANG BATANG TOL ROAD

ALFIANTI, ALNA NUR and NAVIA, DIFANDA ARJUN and WULANDARI, MELANIE and IRAWAN, SANDI BAGAS (2025) LAPORAN MAGANG I PT PEMALANG BATANG TOL ROAD. Project Report. POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN, TEGAL. (Submitted)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
21013094_21013099_21011046_21013113-ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
21013094_21013099_21011046_21013113-BAB_1.pdf

Download (180kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
21013094_21013099_21011046_21013113-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
21013094_21013099_21011046_21013113-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 4)
21013094_21013099_21011046_21013113-BAB_4.pdf

Download (103kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
21013094_21013099_21011046_21013113-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Transportasi merupakan suatu kegiatan dalam pemindahan barang atau orang dari suatu tempat ke tempat yang lain. Sarana dalam transportasi merupakan alat untuk digunakan sebagai memindahkan barang dan orang yang digerakkan oleh tenaga manusia, hewan, atau mesin, salah satu tenaga mesin dalam transportasi jalan yaitu bus, truk atau mobil, yang memiliki tujuan untuk membantu perpindahan arus manusia dan barang dari berbagai wilayah. Jalan tol merupakan suatu jalan bebas hambatan yang di khususkan untuk kendaraan bersumbu satu atau lebih seperti mobil, bus dan truk yang bertujuan untuk mempersingkat waktu dan jarak dalam menempuh perjalanan. Jalan tol Pemalang – Batang merupakan salah satu bagian dari jaringan jalan Tol Trans Jawa yang memiliki peran penting dalam menunjang mobilitas masyarakat dan pertumbuhan ekonomi. Namun dengan tingginya volume kendaraan, potensi kecelakaan lalu lintas juga meningkat. Dalam laporan ini membahas tentang kegiatan magang yang dilakukan di PT.Pemalanag – Batang Tol Road dengan berfokus pada identifikasi dan penanganan lokasi rawan kecelakaan. Data yang digunakan mencakup data sekunder yaitu data kecelakaan tahun 2022 – 2024 serta data pada data primer merupakan hasil survei dilapangan, seperti volume lalu lintas, kecepatan kendaraan, kondisi jalan. Hasil analisis menggunakan metode Equivalent Accident Number (EAN) dan Batas Kontrol Atas (BKA) untuk menunjukkan beberapa titik rawan kecelakaan yang membutuhkan tindakan pencegahan, seperti pemasangan rambu tambahan dan pita penggaduh serta peningkatan pengawasan. Dalam penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi yang efektif dan menurunkan angka kecelakaan dan meningkatkan keselamatan, keamanan dan kenyamanan bagi pengguna jalan tol.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: JALAN TOL, KESELAMATAN LALU LINTAS, LOKASI RAWAN KECELAKAAN, METODE EAN, METODE BKA
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 21011046 21011046
Date Deposited: 18 May 2025 23:57
Last Modified: 18 May 2025 23:57
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3442

Actions (login required)

View Item View Item