PERBANDINGAN PENGARUH PENGGUNAAN VARIASI ZAT ADITIF TERHADAP HASIL UJI EMISI KENDARAAN DIESEL DENGAN ALAT SMOKE TESTER

WIDO, SRESTO ARYO (2022) PERBANDINGAN PENGARUH PENGGUNAAN VARIASI ZAT ADITIF TERHADAP HASIL UJI EMISI KENDARAAN DIESEL DENGAN ALAT SMOKE TESTER. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
19030569-KKW-ABSTRAK.pdf

Download (687kB)
[img] Text (BAB 1)
19030569-KKW-BAB_1.pdf

Download (84kB)
[img] Text (BAB 2)
19030569-KKW-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
19030569-KKW-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
19030569-KKW-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
19030569-KKW-BAB_5.pdf

Download (62kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
19030569-KKW-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB) | Request a copy

Abstract

Meningkatnya jumlah kendaraan menyebabkan polusi udara dari emisi gas buang kendaraan bermotor mesin diesel yang dapat mengakibatkan pencemaran udara semakin meningkat. Penggunaan solar sebagai bahan bakar kendaraan bermesin diesel akan menimbulkan asap tebal, jelaga, karbon monoksida (CO), karbon dioksida (CO2), nitrogen oksida (NOx), sulfur oksida (SOx). Salah satu solusi untuk mengatasi permasalah tersebut adalah dengan mencampurkan zat aditif pada bahan bakar solar. Pada penelitian ini zat aditif yang digunakan adalah Lupromax Diesel Fuel Treatment, STP Diesel, Eco Diesel, dan Nitro Diesel. Zat aditif tersebut dapat berfungsi untuk meningkatkan kualitas bahan bakar solar sehingga kinerja mesin meningkat dan pembakaran menjadi sempurna. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode eksperimen. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui diantara zat aditif Lupromax Diesel Fuel Treatment, STP Diesel, Eco Diesel, dan Nitro Diesel manakah yang lebih efektif untuk mengurangi emisi. Penelitian dilakukan dengan memvariasikan penambahan zat aditif Lupromax Diesel Fuel Treatment, STP Diesel, Eco Diesel, dan Nitro Diesel sesuai dengan takaran perbandingan penambahan zat aditif disesuaikan dengan anjuran dari produk zat aditif tersebut. Selain itu penelitian ini juga membahas tentang pengaruh variasi zat aditif terhadap suhu kerja mesin sebelum dan sesudah melakukan uji emisi. Dari penelitian yang dilakukan pada pengujian emisi kendaraan bahan bakar solar sebelum dan sesudah dilakukan penambahan zat aditif. Lupromax DFT dapat menurunkan opasitas asap sebesar 5,86%, STP Diesel dapat menurunkan opasitas asap sebesar 6,86%, Eco Diesel dapat menurunkan opasitas asap sebesar 8,42%, Nitro Diesel dapat menurunkan opasitas asap sebesar 11,21%. Sedangkan untuk Pengukuran suhu kerja mesin kendaraan bahan bakar solar sebelum dan sesudah dilakukan penambahan zat aditif. Lupromax DFT dapat menurunkan suhu mesin sebesar 14,40%,STP Diesel dapat menurunkan suhu mesin sebesar 15,95%, Eco Diesel dapat menurunkan suhu mesin sebesar 12,23%, Nitro Diesel dapat menurunkan suhu mesin sebesar 13,14%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bahan bakar solar, Variasi zat aditif, Emisi gas buang, Suhu mesin
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: 19.03.0569 19.03.0569
Date Deposited: 15 Aug 2022 02:38
Last Modified: 15 Aug 2022 02:38
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/344

Actions (login required)

View Item View Item