ANALISIS KESELAMATAN JALAN PADA RUAS JALAN PROVINSI SEMARANG - PURWODADI (KM17 - KM19)

DIYAKSA, MEI CAHYA (2025) ANALISIS KESELAMATAN JALAN PADA RUAS JALAN PROVINSI SEMARANG - PURWODADI (KM17 - KM19). Project Report. POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN, TEGAL. (Submitted)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
21013106-MAGANG 2-ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
21013106-MAGANG 2-BAB_1.pdf

Download (162kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
21013106-MAGANG 2-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
21013106-MAGANG 2-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (691kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
21013106-MAGANG 2-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB) | Request a copy

Abstract

Keselamatan jalan merupakan aspek krusial dalam manajemen transportasi yang mempengaruhi pengguna jalan dengan tujuan untuk meminimalisir risiko kecelakaan. Penelitian ini menganalisis keselamatan jalan pada ruas jalan provinsi Semarang – Purwodadi (KM17 – KM19) menggunakan metode HIRARC (Hazard Identification, Risk Assessment, and Risk Control). Metode ini digunakan untuk mengidentifikasi potensi bahaya, menilai tingkat risiko, dan memberikan rekomendasi pengendalian risiko yang tepat. Data yang digunakan meliputi data primer dari survei lapangan seperti volume lalu lintas, kecepatan kendaraan, dan inspeksi keselamatan jalan serta data sekunder dari data kecelakaan lalu lintas. Hasil analisis menunjukkan bahwa beberapa faktor yang berkontribusi terhadap risiko kecelakaan antara lain kurangnya perlengkapan jalan, lebar lajur tidak sesuai standar, dan keberadaan objek di sisi jalan yang dapat membahayakan pengguna jalan. Berdasarkan analisis risiko, sebagian besar kecelakaan dikategorikan sebagai risiko tinggi “High Risk” hingga ekstrem “Extreme Risk”, sehingga diperlukan tindakan pengendalian. Untuk mengurangi risiko ini, penelitian merekomendasikan beberapa tindakan perbaikan, seperti pemasangan rambu lalu lintas, perbaikan geometrik jalan, perbaikan penerangan jalan, serta penertiban objek berbahaya di sisi jalan. Implementasi rekomendasi ini diharapkan dapat meningkatkan keselamatan pengguna jalan dan mengurangi angka kecelakaan secara signifikan. Penelitian ini dapat menjadi upaya peningkatan keselamatan jalan di masa mendatang serta referensi dalam merancang kebijakan transportasi yang lebih aman dan efektif.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Keselamatan jalan, hirarc, risiko, kecelakaan lalu lintas, infrastruktur jalan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 21013106 21013106
Date Deposited: 17 May 2025 02:27
Last Modified: 17 May 2025 02:27
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3436

Actions (login required)

View Item View Item