IDENTIFIKASI DAN PENANGANAN DAERAH RAWAN KECELAKAAN PADA RUAS JALAN TOL MENGGUNAKAN METODE EAN DAN UCL (STUDI KASUS DI JALAN TOL WARU JUANDA PT CITRA MARGATAMA SURABAYA)

BERLIANINDYA, FIARENTINA (2025) IDENTIFIKASI DAN PENANGANAN DAERAH RAWAN KECELAKAAN PADA RUAS JALAN TOL MENGGUNAKAN METODE EAN DAN UCL (STUDI KASUS DI JALAN TOL WARU JUANDA PT CITRA MARGATAMA SURABAYA). Project Report. POLITEKNIK KESELATAMAN TRANSPORTASI JALAN, TEGAL. (Submitted)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
21013103_MAGANG 2_ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
21013103_MAGANG 2_BAB 1.pdf

Download (172kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
21013103_MAGANG 2_ BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
21013103_MAGANG 2_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 4)
21013103_MAGANG 2_BAB IV.pdf

Download (85kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
21013103_MAGANG 2_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Jalan Tol Waru–Juanda merupakan salah satu jalur vital yang menghubungkan Kota Surabaya dengan Bandara Internasional Juanda. Namun, ruas tol ini, khususnya pada KM 03+850, memiliki tingkat kecelakaan lalu lintas yang tinggi sehingga diidentifikasi sebagai daerah rawan kecelakaan (blackspot). Permasalahan ini mendorong perlunya kajian lebih lanjut untuk mengidentifikasi penyebab serta memberikan rekomendasi penanganan guna meningkatkan keselamatan lalu lintas. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor penyebab kecelakaan di KM 03+850 Jalan Tol Waru–Juanda serta memberikan rekomendasi penanganan yang tepat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data primer melalui inspeksi lapangan dan observasi kondisi infrastruktur, serta data sekunder dari pihak pengelola tol mengenai data kecelakaan, kecepatan kendaraan, dan perlengkapan jalan. Analisis dilakukan dengan menggunakan metode Equivalent Accident Number (EAN) dan Upper Control Limit (UCL) untuk menentukan tingkat kerawanan kecelakaan. Hasil analisis menunjukkan bahwa KM 03+850 memiliki angka kecelakaan tertinggi selama tiga tahun terakhir, didominasi oleh kecelakaan tunggal yang terjadi pada kondisi cuaca cerah, dengan faktor utama penyebab kecelakaan adalah kelalaian pengemudi, geometri jalan yang tidak ideal, serta kondisi kendaraan yang tidak layak. Penanganan yang telah dilakukan meliputi pemasangan rambu tambahan, penerangan jalan, pemasangan Variable Message Sign (VMS), serta penerapan speed camera di titik strategis. Kesimpulannya, KM 03+850 secara signifikan tergolong sebagai daerah rawan kecelakaan yang membutuhkan upaya penanganan berkelanjutan melalui pendekatan rekayasa lalu lintas, teknologi pengawasan, dan peningkatan kesadaran pengguna jalan untuk menciptakan kondisi lalu lintas yang lebih aman.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Jalan tol, daerah rawan kecelakaan, EAN, UCL, Waru-Juanda, keselamatan lalu lintas
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: Fiarentina 21013103 21013103
Date Deposited: 29 Apr 2025 01:51
Last Modified: 29 Apr 2025 01:51
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3371

Actions (login required)

View Item View Item