JATMICHO, JATMICHO (2022) RANCANG BANGUN ALAT PENDETEKSI SUHU KAMPAS REM TROMOL BERBASIS INTERNET OF THINGS (IoT). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
18.02.0264-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (325kB) |
|
Text (BAB 1)
18.02.0264-SKRIPSI-BAB_1.pdf Download (70kB) |
|
Text (BAB 2)
18.02.0264-SKRIPSI-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (696kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
18.02.0264-SKRIPSI-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (350kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
18.02.0264-SKRIPSI-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (900kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
18.02.0264-SKRIPSI-BAB_5.pdf Download (68kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
18.02.0264-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Tingkat kecelakaan lalu lintas di Indonesia tergolong tinggi. Kegagalan fungsi rem menjadi salah satu penyebab kecelakaan yang paling sering terjadi, salah satu penyebab pertama yaitu terjadinya brake fading yang mengakibatkan kehilangan koefisien gesek pada rem tersebut. Untuk mengatasi hal tersebut perlu dilakukan langkah pencegahan diantaranya, memberikan peringatan pada pengemudi sebelum suhu pada kampas rem mengalami brake fading, sehingga dapat mencegah terjadinya kegagalan pada sistem pengereman. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development yang merupakan metode untuk menghasilkan dan menyempurnakan produk yang pernah diteliti sebelumnya. Uji coba produk sangat menentukan berhasil atau tidaknya alat yang telah dirancang peneliti. Prosedur yang dilaksanakan dalam penelitian Rancang Bangun Alat Pendeteksi Suhu Kampas Rem Tromol Berbasis Internet of Things (IoT) menggunakan sensor suhu MLX90614 mengadaptasi pada model pengembangan Analize, Design, Development, Implementation and Evaluation (ADDIE). Desain pengembangan Rancang Bangun Alat Pendeteksi Suhu Kampas Rem Tromol Berbasis Internet of Things (IoT) dapat terealisasi menjadi sebuah alat dan dapat diimplementasikan langsung pada kendaraan. Kinerja sensor suhu MLX90614 ini dapat bekerja dengan optimal, ketika sensor suhu mendeteksi suhu di bawah 80 oC maka lampu LED hijau akan menyala yang menandakan suhu pada kampas rem masih aman atau normal, ketika sensor suhu mendeteksi suhu diatas 80 oC – 100oC maka lampu LED kuning akan menyala dan buzzer akan berbunyi sebagai peringatan, dan ketika suhu mendeteksi suhu melebihi 100 oC maka lampu LED merah akan menyala dan buzzer akan berbunyi lebih kencang yang menandakan kendaraan tersebut harus segera berhenti. Data tersebut ditampilkan dalam layar oled dan juga dapat ditampilkan melalui link yang sudah dibuat oleh peneliti, di dalam halaman web server juga tersedia lokasi kendaraan ketika mengalami brake fading. Kata Kunci : Kecelakaan Lalulintas, Brake Fading, Sensor Suhu MLX90614, lokasi kendaraan, Web Server
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecelakaan Lalulintas, Brake Fading, Sensor Suhu MLX90614, lokasi kendaraan, Web Server |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif |
Depositing User: | 18.02.0264 18.02.0264 |
Date Deposited: | 16 Aug 2022 06:55 |
Last Modified: | 16 Aug 2022 06:55 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/325 |
Actions (login required)
View Item |