PENERAPAN RUTE AMAN SELAMAT SEKOLAH (RASS) DI KAWASAN PENDIDIKAN JL. IR. H. JUANDA KOTA SUKABUMI

MUSTAQIM, SULTHAN FADHILAH (2024) PENERAPAN RUTE AMAN SELAMAT SEKOLAH (RASS) DI KAWASAN PENDIDIKAN JL. IR. H. JUANDA KOTA SUKABUMI. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
20011060-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
20011060-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (178kB)
[img] Text (BAB 2)
20011060-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
20011060-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (951kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
20011060-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
20011060-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (178kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
20011060-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB) | Request a copy

Abstract

Kawasan pendidikan di Jl. Ir. H. Juanda merupakan kawasan pendidikan yang terdiri dari tiga sekolah dengan jumlah siswa total 4.106, kondisi keselamatan di kawasan sekolah ini masih kurang memadai, banyaknya kecelakaan yang melibatkan pelajar. Data kecelakaan tahun 2018-2022, terdapat 519 kecelakaan dengan 242 korban meninggal melibatkan pelajar.Upaya mengurangi angka kecelakan pelajar di sekolah yaitu menerapkan konsep Rute Aman Selamat Sekolah (RASS) menurut Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 16 Tahun 2016. Metode pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling dengan jumlah sampel 365 siswa. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kuantitatif karena penelitian ini berfokus pada pengumpulan dan analisis data dalam bentuk angka dan sifat penelitiannya deskriptif dengan tujuannya adalah untuk menggambarkan situasi atau fenomena yang sedang diteliti secara rinci dan sistematis, dalam penentuan rute pejalan kaki maka dibuatkan rute dengan jarak radius 1 km dari lokasi sekolah, sedangkan dalam penentuan rute pesepeda dibuatkan rute dengan jarak radius 5 km dari lokasi sekolah, untuk rute angkutan umum mengunakan rute eksisting yang sudah ada sehingga tidak diperlukan kajian ulang. Berdasarkan hasil analisis, akan ditetapkan kebutuhan fasilitas pejalan kaki yang meliputi rekomendasi trotoar di setiap rute pejalan kaki, penyediaan fasilitas penyeberangan berupa zebra cross, serta penambahan Zona Selamat Sekolah (ZOSS). Selain itu, direkomendasikan penambahan lajur khusus pesepeda di tiga rute. Untuk angkutan umum, akan dilakukan identifikasi trayek yang melalui lokasi studi serta penentuan kebutuhan halte.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: RASS, PEJALAN KAKI, PESEPEDA
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: SULTHAN FADHILAH MUSTAQIM
Date Deposited: 29 Aug 2024 06:47
Last Modified: 29 Aug 2024 06:48
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3093

Actions (login required)

View Item View Item