EFEKTIVITAS SPEEDCAM UNTUK MENGURANGI PELANGGARAN BATAS KECEPATAN DI JALAN TOL (STUDI KASUS : RUAS JALAN TOL SURABAYA – MOJOKERTO)

AFAFA, AHMAD ZUL (2022) EFEKTIVITAS SPEEDCAM UNTUK MENGURANGI PELANGGARAN BATAS KECEPATAN DI JALAN TOL (STUDI KASUS : RUAS JALAN TOL SURABAYA – MOJOKERTO). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
18.01.0571-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (603kB)
[img] Text (BAB 1)
18.01.0571-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (161kB)
[img] Text (BAB 2)
18.01.0571-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
18.01.0571-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
18.01.0571-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
18.01.0571-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (327kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18.01.0571-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy

Abstract

Pada ruas Jalan Tol Surabaya – Mojokerto banyak pengendara yang melajukan kendaraan dengan kecepatan tinggi. Salah satu faktor penyebab kecelakaan yaitu tidak sesuainya kecepatan kendaraan dengan batas maksimal yang telah ditentukan. Semakin tinggi kecepatan kendaraan maka semakin tinggi resiko jika terjadi kecelakaan. Dari permasalahan diatas menjadi dasar dilakukan penelitian untuk mendapapatkan hasil data mengenai efektivitas speedcam untuk mengurangi pelanggaran batas kecepatan. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul Efektivitas Speedcam Untuk Mengurangi Pelanggararan Batas Kecepatan di Jalan Tol. Pengambilan data dilakukan dengan survei data primer dan data sekunder. Metode penelitian ini menggunakan kecepatan rata – rata kecepatan kendaraan, tingkat fatalitas dan efektivitas speedcam untuk mengurangi pelanggaran batas kecepatan di jalan Tol Surabaya – Mojokerto. Untuk menganalisis penelitian ini menggunakan aplikasi Microsoft Excel 2010. Kecepatan kendaraan golongan 1 sebelum melintasi speedcam memiliki kecepatan paling tinggi 166 km/jam dan kecepatan paling terendah yaitu 62 km/jam. Kecepatan golongan 1 setelah melintasi speedcam memiliki kecepatan paling tinggi 145 km/jam dan kecepatan paling rendah 61 km/jam. Kecepatan eksisting kendaraan golongan 1 dari jumlah sampel kendaraan. Perhitungan tingkat fatalitas dari tahun 2018 - 2021 menunjukan bahwa seksi yang memiliki tingkat fatalitas tertinggi yaitu Seksi IV Krian – Penompo pada jalur A yaitu 2,87 dan pada jalur B yaitu Seksi I Waru – Waru Gunung yaitu 0,74. Dari hasil analisis dapat dilihat bahwa nilai N Gain rata – rata yaitu 0.3 ≤ 0.31 ≤0.7 yang mana dapat dikategorikan Sedang dan nilai N Gain dalam persentase yaitu 40% yang mana dapat ditafsirkan Kurang Efektif. Kata kunci: Kecepatan, Speedcam, Jalan Tol Surabaya – Mojokerto, Uji N Gain, Efektivitas Speedcam

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kecepatan, Speedcam, Jalan Tol Surabaya – Mojokerto, Uji N Gain, Efektivitas Speedcam
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 18.01.0571 18.01.0571
Date Deposited: 12 Aug 2022 03:52
Last Modified: 15 Aug 2022 01:04
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/308

Actions (login required)

View Item View Item