PENGARUH PENYETELAN CELAH KAMPAS REM DAN TEKANAN ANGIN BAN TERHADAP EFISIENSI REM PADA PENGEUJIAN BRAKE TESTER MOBIL PENUMPANG

SATRIAWAN, ARDIKA (2024) PENGARUH PENYETELAN CELAH KAMPAS REM DAN TEKANAN ANGIN BAN TERHADAP EFISIENSI REM PADA PENGEUJIAN BRAKE TESTER MOBIL PENUMPANG. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
21031003-KKW-ABSTRAK.pdf

Download (678kB)
[img] Text (BAB 1)
21031003-KKW-BAB_1.pdf

Download (141kB)
[img] Text (BAB 2)
21031003-KKW-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
21031003-KKW-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
21031003-KKW-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
21031003-KKW-BAB_5.pdf

Download (131kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
21031003-KKW-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Meningkatnya kecelakaan dapat terjadi karena beberapa faktor antara lain faktor kesalahan manusia, kendaraan, kondisi jalan, dan alam. Penyebab kecelakan dari faktor kendaraan yaitu tidak berfungsinya pengereman dengan maksimal. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui pengaruh celah kampas rem dan tekanan angin ban terhadap efisinsi pengereman pada kendaraan Toyota Avanza. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode eksperimen. Hasil percobaan dengan variasi celah kampas 0,5 mm dan variasi tekanan angin 25 psi memiliki nilai efisiensi pengereman paling tinggi yaitu 72,25%. Hasil percobaan dengan variasi celah kampas 1,5 mm dan variasi tekanan angin 35 psi memiliki nilai efisiensi pengereman paling rendah yaitu 34,83%. Dari hasil percobaan dan analisis uji T menunjukan bahwa pengaturan celah kampas dan tekanan angin ban memiiki pengaruh negatif terhadap tingkat efisiensi pengereman. Semakin besar variabel celah kampas dan tekanan angin berpengaruh semakin kecilnya variabel efisiensi rem. Dari hasil percobaan dan analisis uji F menunjukan bahwa pengaturan celah kampas dan tekanan angin secara bersama- sama berpengaruh terhadap efisiensi pengereman. Perawatan rutin dan pengaturan yang tepat dari kedua komponen ini dapat meningkatkan keselamatan dan kinerja kendaraan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Celah Kampas Rem, Tekanan Angin, Efisiensi Rem
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: 21031003 21031003
Date Deposited: 25 Aug 2024 02:44
Last Modified: 25 Aug 2024 02:44
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3076

Actions (login required)

View Item View Item