EVALUASI KINERJA ANGKUTAN PEDESAAN TRAYEK KALIWUNGU-BOJA KABUPATEN KENDAL

PUTRA, RAMA MAHARDIKA (2024) EVALUASI KINERJA ANGKUTAN PEDESAAN TRAYEK KALIWUNGU-BOJA KABUPATEN KENDAL. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
20011051_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf

Download (541kB)
[img] Text (BAB I)
20011051_SKRIPSI_BAB I.pdf

Download (75kB)
[img] Text (BAB II)
20011051_SKRIPSI_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
20011051_SKRIPSI_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
20011051_SKRIPSI_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
20011051_SKRIPSI_BAB V.pdf

Download (122kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
20011051_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (859kB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan sistem angkutan umum yang baik, efektif, dan berkeselamatan di wilayah perkotaan maupun pedesaan sangat dibutuhkan untuk membantu mobilitas masyarakat. Di Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal, angkutan doplak yang berupa kendaraan jenis pick-up lebih digemari masyarakat dibandingkan angkutan pedesaan yang sudah ada. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja operasional dan pelayanan angkutan pedesaan dan angkutan doplak di daerah Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif yang dapat memberikan hasil evaluasi kinerja angkutan umum yang berjalan sekarang dan kinerja pelayanan dianalisis menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) dengan jumlah responden sebanyak 100 orang penumpang. Hasil analisis dari kinerja operasional angkutan pedesaan adalah nilai load factor (18%), kecepatan (26,2 km/jam), headway (45 menit), waktu perjalanan (2,4 menit/km), frekuensi (1 kendaraan/jam), kendaraan beroperasi (83,5%), dan waktu tunggu (22,75 menit). Sedangkan kinerja operasional angkutan doplak adalah load factor (19%), kecepatan (23,2 km/jam), headway (12 menit), waktu perjalanan (2,8 menit/km), frekuensi (5 kendaraan/jam), dan waktu tunggu (6,5 menit). Hasil analisis kinerja pelayanan menunjukkan indikator seperti tempat duduk yang nyaman, kecepatan angkutan, waktu tunggu penumpang, dan jumlah kendaraan beroperasi adalah hal yang menjadi prioritas untuk perbaikan dan peningkatan agar pelayanan angkutan pedesaan trayek Kaliwungu-Boja dapat memuaskan penumpang. Rekomendasi yang diberikan adalah dengan peningkatan jumlah angkutan yang tersedia, pengelolaan waktu tunggu penumpang dan waktu henti kendaraan, peningkatan fasilitas dan kenyamanan penumpang, serta dengan promosi dan sosialisasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, angkutan pedesaan, angkutan doplak, Importance Performance Analysis
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: RAMA MAHARDIKA PUTRA
Date Deposited: 25 Aug 2024 06:40
Last Modified: 25 Aug 2024 06:40
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3068

Actions (login required)

View Item View Item