ANALISIS EFEKTIFITAS PENERAPAN RUANG HENTI KHUSUS SEPEDA MOTOR PADA PERSIMPANGAN BERSINYAL (STUDI KASUS : SIMPANG EMPAT BEKASI TIMUR)

SUDRAJAT, IRVAN ADIATAMA (2022) ANALISIS EFEKTIFITAS PENERAPAN RUANG HENTI KHUSUS SEPEDA MOTOR PADA PERSIMPANGAN BERSINYAL (STUDI KASUS : SIMPANG EMPAT BEKASI TIMUR). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
18010552-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (857kB)
[img] Text (BAB 1)
18010552-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (394kB)
[img] Text (BAB 2)
18010552-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
18010552-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
18010552-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
18010552-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (391kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18010552-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB) | Request a copy

Abstract

Populasi sepeda motor yang meningkat mengakibatkan kinerja simpang bersinyal menurun untuk mengatasi masalah tersebut dibuatlah ruang henti khusus sepeda motor dengan memisahkan sepeda motor dengan kendaraan lain yang membuat berkurangnya hambatan yang terjadi sehingga dapat meningkatkan arus lalu lintas saat fase hijau. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja Simpang Bekasi Timur, analisis terkait evaluasi terhadap ruang henti khusus (RHK) dan mengetahui efektifitas ruang henti khusus berdasarkan tingkat keberhasilan dilihat dari tingkat keterisian. Dalam penelitian ini metode yang digunakan untuk mengetahui kinerja simpang Bekasi Timur menggunakan simulasi Software Vissim berdasarkan nilai panjang antrian, tundaan dan level of service di masing masing lengan simpang sedangkan Metode yang digunakan untuk mengetahui efektifitas dan evaluasi penerapan RHK sepeda motor berdasarkan tingkat keterisiannya adalah Pedoman Perancangan RHK Sepeda Motor Pada Simpang Bersinyal di Kawasan Perkotaan oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tahun 2015. Efektifitas penerapan RHK berdasarkan tingkat keterisian didapatkan hasil lengan timur berhasil dalam penerapan pada saat pagi, sore dan keseluruhan saat fase siang didapatkan hasil cukup berhasil. Lengan Barat dinilai berhasil dalam penerapan ruang henti khusus sedangkan lengan utara dan selatan kurang berhasil dalam penerapan ruang henti khusus. Evaluasi penerapan ruang henti khusus didapatkan lengan yang sesuai dengan persyaratan geometrik adalah Lengan Timur, Barat dan Utara. Persyaratan lalu lintas yang sesuai adalah Lengan Timur, Barat dan Utara sedangkan untuk dimensi yang sesuai dengan pedoman hanya Lengan Utara Kinerja Simpang yang diperoleh berdasarkan simulasi Vissim adalah Pendekat Timur dengan tingkat pelayanan F dengan panjang antrian 160.78 m dan tundaan 224.03 detik/kendaraan Pendekat Barat dengan tingkat pelayanan E dengan panjang antrian 132.4 m dan tundaan 76.43 detik/kendaraan Pendekat Utara dengan tingkat pelayanan F dengan panjang antrian 143.2 m dan tundaan 116.7 detik/kendaraan. Pendekat Selatan dengan tingkat pelayanan E dengan panjang antrian 50.2 m dan tundaan 56.93 detik/kendaraan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ruang Henti Khusus, Tingkat Keterisian , Simulasi Vissim
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 18.01.0552 18.01.0552
Date Deposited: 12 Aug 2022 03:20
Last Modified: 18 Aug 2022 07:24
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/306

Actions (login required)

View Item View Item