ANALISIS DAN PENINGKATAN KESELAMATAN JALAN PADA JALUR PARIWISATA PEGUNUNGAN DIENG

SINTYA, WENNI (2024) ANALISIS DAN PENINGKATAN KESELAMATAN JALAN PADA JALUR PARIWISATA PEGUNUNGAN DIENG. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
20011029_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf

Download (772kB)
[img] Text (BAB 1)
20011029_SKRIPSI_BAB 1.pdf

Download (72kB)
[img] Text (BAB 2)
20011029_SKRIPSI_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
20011029_SKRIPSI_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
20011029_SKRIPSI_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
20011029_SKRIPSI_BAB 5.pdf

Download (72kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
20011029_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB) | Request a copy

Abstract

Kabupaten Wonosobo menduduki peringkat ke 13 dengan jumlah wisatawan nusantara terbanyak dari 35 kabupaten dan kota di Provinsi Jawa Tengah. Berdasarkan data yang diperoleh dari Satlantas Polres Wonosobo, salah satu jalan yang ditetapkan sebagai daerah rawan kecelakaan merupakan jalan utama menuju kawasan pariwisata pegunungan yaitu Jalan Kejajar-Dieng. Jalan Kejajar-Dieng terletak di wilayah pegunungan yang memiliki kondisi geometrik yang berbeda seperti jalan yang menanjak, menurun, dan menikung serta memiliki kondisi cuaca berkabut sehingga berpotensi menjadi penyebab terjadinya kecelakaan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi dan menganalisis masalah geometrik jalan serta hazard yang mempengaruhi kecelakaan dan melakukan upaya peningkatan keselamatan pada jalur pariwisata pegunungan Dieng. Metode yang digunakan untuk menentukan titik blackspot yaitu menggunakan metode EAN dan untuk analisis hazard yaitu menggunakan metode HIRARC menurut Australian Standard/New Zealand Standard for Risk Management. Hasil analisis dan pembahasan penelitian ini adalah ditemukan bahwa kecelakaan didominasi tabrak depan-depan karena kurang antisipasi, kondisi geometrik di segmen 5 dengan jarak pandang tidak memenuhi standar, nilai derajat kelengkungan sebesar 62,07o, kelandaian sebesar 19,2% dan panjang kelandaian kritis sebesar 78,3 meter. Dan untuk hasil identifikasi hazard dan penilaian risiko hazard ditemukan bahwa pada metode HIRARC AS/NZS for Risk Management didapatkan risk level medium sebesar 30%, risk level high sebesar 56% dan risk level extrem sebesar 13%. Untuk mengurangi kecelakaan maka diusulkan penanganan pada masing-masing hazard dan menggunakan aspek jalan yang berkeselamatan yaitu regulating road, self explaining, self enforcement, dan forgiving road.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kecelakaan lalu lintas, keselamatan, geometrik jalan, HIRARC
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: WENNI SINTYA
Date Deposited: 20 Aug 2024 02:06
Last Modified: 20 Aug 2024 02:06
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3057

Actions (login required)

View Item View Item