PERANCANGAN DESAIN KENDARAAN ANGKUTAN PERKOTAAN YANG BERKESELAMATAN (STUDI KASUS : ANGKUTAN PERKOTAAN DI KABUPATEN TEGAL)

PEBIYANTO, RIKI (2024) PERANCANGAN DESAIN KENDARAAN ANGKUTAN PERKOTAAN YANG BERKESELAMATAN (STUDI KASUS : ANGKUTAN PERKOTAAN DI KABUPATEN TEGAL). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
19.02.0306-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (841kB)
[img] Text (BAB 1)
19.02.0306-SKRIPSI-BAB 1.pdf

Download (157kB)
[img] Text (BAB 2)
19.02.0306-SKRIPSI-BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
19.02.0306-SKRIPSI-BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
19.02.0306-SKRIPSI-BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
19.02.0306-SKRIPSI-BAB 5.pdf

Download (424kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
19.02.0306-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Angkot seharusnya memiliki faktor keselamatan dan kenyamanan bagi pengemudi maupun penumpangnya tetapi pada kenyataannya keselamatan dan kenyamanan masih jauh dari kata baik, hal ini dikarenakan penumpang angkot harus berdesakan dikarenakan desain tempat duduk yang tidak sesuai dengan peraturan, akses masuk maupun keluar harus merunduk sehingga jika penumpang tidak waspada maka dapat membahayakan penumpang, tidak adanya sabuk pengaman disetiap tempat duduknya, serta banyaknya kecelakaan angkot yang disebabkan kondisi angkot yang tidak layak. Tujuan dari pada penelitian tentang perancangan desain kendaraan angkutan umum ini yaitu agar mengembalikan citra angkutan umum di Indonesia terutama angkutan perkotaan atau angkot yang berkeselamatan. Penelitian ini mengunakan metode studi literatur, Model penelitian ini berbentuk perancangan desain kendaraan angkutan umum yang berkeselamatan menggunakan aplikasi berbasis komputer serta di analisis melalui perhitungan sesuai dengan regulasi yang ada. Analisis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa sasis Traga yang dipilih untuk digunakan pada kendaraan rencana ini telah memenuhi syarat keselamatan sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 55 tentang Kendaraan Bermotor. Berdasarkan hasil perhitungan, berat total kendaraan beserta muatannya adalah 2.910 kg, yang masih berada di bawah jumlah berat yang diperbolehkan (JBB) sebesar 2.950 kg. Dari analisis kapasitas daya angkut kendaraan rencana ini ditemukan bahwa kendaraan mampu membawa hingga 16 penumpang. Desain kendaraan rencana ini memiliki kapasitas penumpang dengan menyediakan 13 tempat duduk untuk penumpang dan 1 tempat duduk untuk pengemudi. Selain itu, kendaraan ini juga dilengkapi dengan 2 tempat untuk penumpang berdiri, yang disertai dengan pegangan tangan gantung (handgrip) untuk kenyamanan dan keamanan penumpang dan Setiap tempat duduk dilengkapi dengan sabuk keselamatan (safety belt) untuk menjaga keamanan dan keselamatan penumpang. keselamatan menjadi fokus utama dalam setiap tahap perancangan menjadikan Desain kendaraan ini pilihan yang tepat untuk masyarakat yang peduli akan keamanan dan keselamatan dalam perjalanan. Kata kunci: Angkutan umum, Desain, Keselamatan

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Angkutan umum, Desain, Keselamatan
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif
Depositing User: 19.02.0306 19.02.0306
Date Deposited: 19 Aug 2024 02:47
Last Modified: 19 Aug 2024 02:47
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3043

Actions (login required)

View Item View Item