OPTIMALISASI HEADWAY BUS BISKITA KORIDOR 2 KOTA BOGOR

MUNTHE, IMMANUEL BERTO T (2024) OPTIMALISASI HEADWAY BUS BISKITA KORIDOR 2 KOTA BOGOR. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
19010609-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
19010609-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (363kB)
[img] Text (BAB 2)
19010609-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (777kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
19010609-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
19010609-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (758kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
19010609-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (359kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
19010609-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kendala dalam pengoperasian BisKita adalah keterlambatan kedatangan bus, yang menyebabkan penumpang harus menunggu lebih lama di halte. Hal ini menimbulkan ketidaknyamanan bagi penumpang dan dapat mengurangi kepercayaan masyarakat terhadap layanan BisKita. Keterlambatan ini disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk kemacetan lalu lintas, kondisi jalan yang buruk, serta gangguan operasional lainnya. Akibatnya, jadwal keberangkatan dan kedatangan bus menjadi tidak teratur, mengganggu mobilitas penumpang yang mengandalkan transportasi umum ini untuk aktivitas sehari-hari. Kondisi ini mengganggu kenyamanan dan keamanan penumpang. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung besarnya permintaan angkutan BisKita Koridor 2 di Kota Bogor, menganalisis kinerja headway pada BisKita Koridor 2 terhadap kapasitas angkutnya, serta melakukan optimalisasi headway untuk meningkatkan kemampuan angkut penumpang. Metode yang digunakan meliputi survei lapangan, analisis data dari operator BisKita untuk menghitung permintaan angkutan, serta optimalisasi untuk mendapatkan nilai optimal pada pengoperasian BisKita. Hasil penelitian ini menentukan headway optimal yaitu 8-17 menit yang dapat mengakomodasi jumlah penumpang 3.824 orang dengan total load factor 100,05% tanpa mengorbankan kenyamanan dan keandalan layanan. Penelitian ini menghasilkan penjadwalan ulang pengoperasian BisKita Koridor 2 di Kota Bogor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: BISKITA, BOGOR, HEADWAY, OPTIMALISASI, KORIDOR 2
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 19.01.0609 19.01.0609
Date Deposited: 08 Aug 2024 01:14
Last Modified: 08 Aug 2024 01:14
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2992

Actions (login required)

View Item View Item