ANALISIS PELANGGARAN LALU LINTAS PADA SIMPANG BERSINYAL (STUDI KASUS: SIMPANG BERSINYAL JL. PERINTIS KEMERDEKAAN KOTA TEGAL)

FAUZA, HAMDA ARFAN (2022) ANALISIS PELANGGARAN LALU LINTAS PADA SIMPANG BERSINYAL (STUDI KASUS: SIMPANG BERSINYAL JL. PERINTIS KEMERDEKAAN KOTA TEGAL). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
18010491_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf

Download (691kB)
[img] Text (BAB 1)
18010491_SKRIPSI_BAB 1.pdf

Download (126kB)
[img] Text (BAB 2)
18010491_SKRIPSI_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
18010491_SKRIPSI_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
18010491_SKRIPSI_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (953kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
18010491_SKRIPSI_BAB 5.pdf

Download (125kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18010491_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy

Abstract

Simpang Jl. Perintis Kemerdekaan Kota Tegal merupakan simpang bersinyal yang memiliki volume lalu lintas yang tinggi sehingga menyebabkan permasalahan lalu lintas seperti pelanggaran lalu lintas. Pelanggaran lalu lintas merupakan suatu bentuk permasalahan yang sering terjadi dan dapat menjadi faktor penyebab kecelakaan lalu lintas. Pada Simpang Jl. Perintis Kemerdekaan tidak jarang dijumpai pengguna jalan yang melakukan pelanggaran lalu lintas. Maka perlu dilakukan analisa terkait permasalahan tersebut. Tujuan penelitian untuk mengetahui kaitan antara lebar lajur simpang, volume lalu lintas dan waktu siklus terhadap pelanggaran lalu lintas yang terjadi pada simpang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi untuk mengetahui lebar lajur, volume lalu lintas dan waktu siklus setiap pendekat simpang. Metode yang digunakan yaitu regresi linier berganda dengan pelanggaran lalu lintas ditetapkan sebagai variabel terikat (Y) dan variabel bebas yaitu lebar lajur (X1), volume lalu lintas (X2) dan waktu siklus (X3). Hasil penelitian menunjukkan analisis regresi linier berganda pada ketiga pendekat tidak terdapat pengaruh lebar lajur dan waktu siklus terhadap pelanggaran lalu lintas secara parsial, sedangkan volume lalu lintas terdapat pengaruh secara parsial terhadap pelanggaran lalu lintas. Variabel X1, X2 dan X3 terdapat pengaruh terhadap variabel Y secara simultan. Berdasarkan karakteristik pelanggaran lalu lintas, pelanggaran terbanyak pertama dari arah pendekat selatan, kedua pendekat utara, ketiga pendekat timur dan keempat pendekat barat. Jenis pelanggaran terbanyak yaitu tidak menggunakan helm dan menerobos lampu merah. Jenis kendaraan terbanyak melanggar yaitu sepeda motor dan kendaraan tidak bermotor. Jenis kelamin terbanyak melanggar yaitu laki-laki. Rekomendasi yang dapat diberikan dari hasil penelitian pengecatan ulang marka pada setiap pendekat simpang dan pemasangan rambu sebelum simpang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pelanggaran Lalu Lintas, Regresi Linier Berganda, Simpang Bersinyal
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: Hamda Arfan Fauza
Date Deposited: 12 Aug 2022 02:44
Last Modified: 15 Aug 2022 01:16
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/296

Actions (login required)

View Item View Item