FITRIANI, DWI (2024) RANCANG BANGUN ALAT UKUR SPELLING RODA KEMUDI MENGGUNAKAN SENSOR MPU-9250. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
21031008-KKW-ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 1)
21031008-KKW-BAB_1.pdf Download (91kB) |
|
Text (BAB 2)
21031008-KKW-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (460kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
21031008-KKW-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (431kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
21031008-KKW-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
21031008-KKW-BAB_5.pdf Download (83kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
21031008-KKW-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Salah satu pengujian persyaratan teknis dalam pengujian kendaraan bermotor yaitu pemeriksaan spelling roda kemudi. Pemeriksaan spelling roda kemudi dilakukan untuk mengetahui bahwa kendaraan yang digunakan layak untuk dikendarai di jalan. Dalam uji spelling roda kemudi memiliki ambang batas, jika melebihi ambang batasnya maka dapat mengakibatkan roda kemudi memiliki gerak bebas yang berlebih sehingga menyebabkan pengemudi kendaraan tidak dapat mengendalikan kemudi dengan stabil dan dapat memicu terjadinya kecelakaan. Dari kasus tersebut dengan memanfaatkan teknologi, penulis melakukan rancang bangun alat ukur spelling roda kemudi menggunakan sensor MPU-9250 guna menunjang pelaksanaan pengujian persyaratan teknis. Penelitian ini menggunakan metode Research And Development (R&D). Penelitian melalui tahapan perancangan alat dan uji coba alat. Alat dirancang dengan menggunakan sensor MPU-9250 sebagai pengukur sudut kemiringan (gerak bebas pada roda kemudi) dan Ky-040 Rotary Encoder sebagai pengukur diameter kendaraan. Mikrokontroler yang digunakan adalah ESP32 dan alat dilakukan uji coba pada kendaraan di UPUBKB (Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor) Kota Tegal. Hasil penelitian ini bahwa alat ukur spelling roda kemudi dapat berfungsi dengan baik dan dapat diterapkan untuk alat bantu di pengujian kendaraan bermotor. Alat dapat melakukan pengukuran sesuai dengan rancangan penelitian. Keakuratan pengukuran spelling roda kemudi mendapatkan 82,83% dengan rata-rata waktu menghasilkan efisiensi (+)12,85 detik. Dari hasil validasi alat menyatakan bahwa alat dapat diimplementasikan pada pengujian kendaraan bermotor.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemeriksaan Teknis Kendaraan Bermotor, Spelling roda kemudi, ESP32, Sensor MPU-9250, Ky-040 Rotary Encoder. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif |
Depositing User: | 21031008 21031008 |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 01:12 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 01:12 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2959 |
Actions (login required)
View Item |