PERENCANAAN ANGKUTAN PERKOTAAN SEBAGAI ANGKUTAN SEKOLAH DI KOTA TEGAL

PURBA, AMANDA GRACIA (2024) PERENCANAAN ANGKUTAN PERKOTAAN SEBAGAI ANGKUTAN SEKOLAH DI KOTA TEGAL. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
20011006-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
20011006-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (65kB)
[img] Text (BAB 2)
20011006-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
20011006-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
20011006-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
20011006-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (59kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
20011006-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang perencanaan angkutan perkotaan sebagai angkutan sekolah di Kota Tegal guna meningkatkan kembali minat masyarakat menggunakan angkutan perkotaan dan menekan angka kecelakaan yang melibatkan pelajar. Berdasarkan data Kepolisian Resort Kota Tegal (2022), kecelakaan sepeda motor pada usia 10-19 tahun meningkat sebesar 210% pada tahun 2021 dan 2022, dengan 336 korban berprofesi sebagai pelajar/mahasiswa. Tingginya angka kecelakaan ini menjadi perhatian Pemerintah Kota Tegal untuk meningkatkan keselamatan transportasi sekolah dengan menyediakan angkutan umum khusus pelajar. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan kuesioner yang disebarkan kepada 390 siswa SMP dan SMA di Kota Tegal. Analisis permintaan dilakukan untuk menghitung permintaan aktual dan potensial terhadap angkutan sekolah. Teknik trip assignment dengan bantuan software PTV Visum 2024 digunakan untuk merencanakan rute angkutan sekolah. Hasil analisis menunjukkan bahwa dari 390 responden, 20 siswa sudah menggunakan angkutan perkotaan (permintaan aktual), sedangkan 356 siswa bersedia berpindah ke angkutan perkotaan (permintaan potensial). Rekomendasi rute yang dihasilkan meliputi enam rute dengan cakupan pelayanan yang berbeda, dengan panjang rute berkisar antara 8,757 km hingga 14,538 km. Analisis manajemen operasional angkutan sekolah menunjukkan kebutuhan operasional dengan waktu operasional 90 menit/shift dengan headway 2 menit dan headway 5 menit, kecepatan rencana 40 km/jam, dan load factor yang diharapkan sebesar 67%. Waktu tempuh per rute bervariasi antara 13 menit hingga 21 menit, dengan jumlah kebutuhan armada berkisar antara 6 hingga 25 armada per rute, tergantung pada headway yang ditetapkan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa optimalisasi angkutan perkotaan sebagai angkutan sekolah dapat mengurangi angka kecelakaan di kalangan pelajar dan meningkatkan keselamatan transportasi di Kota Tegal. Implementasi perencanaan ini diharapkan dapat mengikuti langkah sukses Pemerintah Kota Madiun dalam menekan angka kecelakaan pelajar dan meningkatkan minat masyarakat menggunakan angkutan perkotaan. Kata Kunci: Angkutan Sekolah, Permintaan Aktual dan Potensial, Rute, Kinerja Operasional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Angkutan Sekolah, Permintaan Aktual dan Potensial, Rute, Kinerja Operasional.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: AMANDA GRACIA PURBA
Date Deposited: 31 Jul 2024 04:10
Last Modified: 31 Jul 2024 04:10
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2947

Actions (login required)

View Item View Item