ARDI, PURTOMO (2024) ANALISIS KOMPARASI JENIS KAMPAS REM DAN VARIASI BEBAN MUATAN TERHADAP JARAK PENGEREMAN. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
21031024-KKW-ABSTRAK.pdf Download (313kB) |
|
Text (BAB 1)
21031024-KKW-BAB_1.pdf Download (90kB) |
|
Text (BAB 2)
21031024-KKW-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
21031024-KKW-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
21031024-KKW-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (386kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
21031024-KKW-BAB_5.pdf Download (93kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
21031024-KKW-BAB-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (151kB) | Request a copy |
Abstract
Kendaraan bermotor merupakan alat utama yang digunakan masyarakat untuk melakukan mobilitas dalam kehidupan sehari – hari. Dalam melakukan kegiatannya, tak jarang terjadi kecelakaan yang disebabkan oleh kegagalan fungsi pengereman atau sistem pengereman tidak berfungsi secara optimal. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perbandingan jenis kampas rem dan beban muatan terhadap jarak pengereman kendaraan barang. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti menggunakan metode eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui sebab akibat berdasarkan perlakuan yang dilakukan oleh peneliti. Objek penelitian yang digunakan ialah mobil Suzuki Carry Pick Up 2022 dengan jenis kampas rem original pabrik, organik dan low metal yang divariasikan dengan tanpa beban muatan dan muatan sesuai daya angkut kendaraan tersebut. Metode penelitian ini dilakukan dengan melakukan uji road test, dengan cara kendaraan bergerak dengan kecepatan konstan 30 km/jam kemudian dilakukan pengereman secara maksimal pada titik yang telah ditentukan hingga kendaraan berhenti. Titik awal pengereman hingga kendaraan berhenti disebut sebagai jarak pengereman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kampas rem original pabrik memiliki kualitas pengereman yang lebih baik daripada jenis kampas rem organik dan low metal. Hal ini ditunjukan dengan perbedaan hasil jarak pengereman. Jenis kampas rem original pabrikan memiliki hasil rata – rata jarak pengereman sebesar 3,55 m. Sedangkan jenis kampas rem organik sebesar 3,93 m dan jenis kampas rem low metal sebesar 3,72 m. Setelah kendaraan diberi beban muatan sebesar 960 kg, maka rata – rata jarak pengeremannya menjadi semakin besar. Jenis kampas rem original pabrik memiliki hasil rata – rata jarak pengereman sebesar 5,35 m. Sedangkan jenis kampas rem organik sebesar 6,05 m dan jenis kampas rem low metal sebesar 5,64 m. Sesuai dengan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, semakin berat beban muatan yang digunakan pada kendaraan, maka semakin besar jarak pengereman yang didapatkan dan semakin kecil perlambatannya. ( Kata kunci : Jarak Pengereman, Perlambatan, Kampas Rem, Road Test )
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Jarak Pengereman, Perlambatan, Kampas Rem, Road Test |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif |
Depositing User: | 21031024 21031024 |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 03:52 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 03:52 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2944 |
Actions (login required)
View Item |