EFEKTIVITAS PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR SETELAH DITERAPKANNYA TARIF RETRIBUSI NOL RUPIAH (STUDI KASUS: UP PKB CILINCING)

WICAKSONO, GADHANG SUNU (2024) EFEKTIVITAS PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR SETELAH DITERAPKANNYA TARIF RETRIBUSI NOL RUPIAH (STUDI KASUS: UP PKB CILINCING). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
21031043-KKW-ABSTRAK.pdf

Download (482kB)
[img] Text (BAB 1)
21031043-KKW-BAB_1.pdf

Download (801kB)
[img] Text (BAB 2)
21031043-KKW-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (766kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
21031043-KKW-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
21031043-KKW-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
21031043-KKW-BAB_5.pdf

Download (781kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
21031043-KKW-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kendaraan bermotor merupakan elemen penting dalam perkembangan ekonomi, sosial, dan budaya suatu negara, berfungsi sebagai alat transportasi yang efisien dan efektif. Seiring dengan peningkatan populasi kendaraan bermotor, layanan pengujian kendaraan bermotor harus memastikan keselamatan dan kelaikan kendaraan. Pengujian kendaraan secara berkala diatur dalam Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 untuk memastikan kendaraan memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas peningkatan kesadaran masyarakat dalam melakukan pengujian kendaraan bermotor secara berkala dan menganalisis pengaruh penetapan tarif retribusi nol rupiah terhadap jumlah kendaraan bermotor yang lulus uji di UP PKB Cilincing. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Hasil survei kepada responden yaitu para pengemudi kendaraan bermotor wajib uji menunjukan skor rata-rata 3,58 bahwa jawaban kuisoner sangat setuju. Akan tetapi efektivitas pengujian kendaraan bermotor setelah penerapan retribusi nol rupiah di UP PKB Cilincing tidak efektif. Tingkat kesadaran masyarakat dalam melaksanakan pengujian kendaraan justru mengalami penurunan, dengan sebagian besar kendaraan yang diuji milik perusahaan, bukan perorangan. Data sebelum penerapan retribusi nol rupiah dari Januari hingga Mei 2023 menunjukkan 66.916 kendaraan diuji dan 63.772 kendaraan lulus uji. Setelah penerapan retribusi nol rupiah dari Januari hingga Mei 2024, jumlah kendaraan yang diuji menurun menjadi 65.685 kendaraan dengan 62.895 kendaraan lulus uji, menunjukkan penurunan sebesar 0,93% dalam jumlah kendaraan diuji dan 0,69% dalam jumlah kendaraan yang lulus uji. Dapat disimpulkan bahwa kebijakan tarif retribusi nol rupiah tidak efektif dalam meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap pengujian kendaraan bermotor di UP PKB Cilincing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengujian Kendaraan Bermotor, Efektifitas, Keselamatan dan keamanan Jalan, Kepatuhan, Tarif Retribusi Nol Rupiah
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: 21031043 21031043
Date Deposited: 26 Jul 2024 03:24
Last Modified: 26 Jul 2024 03:24
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2867

Actions (login required)

View Item View Item