UPAYA PENINGKATAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA PROSES PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR DI UPT PKB KABUPATEN MALANG

LAKSI, VINDI DWI PUTRI (2024) UPAYA PENINGKATAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA PROSES PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR DI UPT PKB KABUPATEN MALANG. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
21031059-KKW-ABSTRAK.pdf

Download (835kB)
[img] Text (BAB 1)
21031059-KKW-BAB_1.pdf

Download (177kB)
[img] Text (BAB 2)
21031059-KKW-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
21031059-KKW-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (604kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
21031059-KKW-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
21031059-KKW-BAB_5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
21031059-KKW-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengujian Kendaraan bermotor Kabupaten Malang merupakan unit pelaksana pengujian kendaraan bermotor yang berada di Kabupaten Malang, risiko bahaya menjadi bagian yang tidak terpisahkan pada pelaksanaan pengujian kendaraan bermotor sehingga diperlukan cara terbaik untuk mengantisipasi dan mengendalikan risiko, berdasarkan observasi didapatkan beberapa potensi bahaya kerja, salah satunya adalah kurangnya kesadaran pengujian dalam penggunaan alat pelindung diri dalam bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bahaya untuk mengantisipasi dan meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan. Penelitian ini menggunakan metode Hazard and Operability Study (HAZOP) untuk menganalisis potensi bahaya pada pelaksanaan pengujian berkala kendaraan bermotor di UPT Pengujian Kendaraan Bermotor Kabupaten Malang, setelah dilakukan identifikasi bahaya ditemukan sebanyak 33 temuan bahaya yang ada di pelaksanaan pengujian berkala kendaraan bermotor, dari hasil penilaian risiko sebanyak 61% temuan bahaya memiliki risiko tinggi dan sebanyak 39% temuan bahaya memiliki risiko sedang, dari 33 temuan bahaya dapat diklasifikasikan menjadi 5 sumber bahaya yaitu sikap kerja, lingkungan kerja, kendaraan bermotor, tempat kerja, lantai licin. Rekomendasi pengendalian yang dapat peneliti berikan yaitu melakukan pembinaan dan pengawasan dalam penerapan keselamatan dan kesehatan kerja terutama pada penggunaan alat pelindung diri saat bekerja, melaksanakan safety briefing untuk mengingatkan penguji akan keselamatan dan kesehatan kerja, menambahkan kipas dan exhaust fan pada gedung uji, memberikan marka bantu bagi di lajur uji untum memudahkan pengemudi memposisikan kendaraan, menerapkan 5 R yaitu ringkas, rapi, resik, rawat, rajin unyuk menciptakan tempat kerja yang kualitas tempat kerja semakin baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Potensi Bahaya, Risiko, HAZOP, K3
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: 21031059 21031059
Date Deposited: 26 Jul 2024 03:26
Last Modified: 26 Jul 2024 03:26
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2849

Actions (login required)

View Item View Item