ANALISIS PRESEPSI MASYARAKAT TERHADAP TINGKAT PELAYANAN TERMINAL ANGKUTAN PENUMPANG (STUDI KASUS TERMINAL KABUPATEN REMBANG)”

KHASANAH, PAMBAYUN FAMILATUN (2024) ANALISIS PRESEPSI MASYARAKAT TERHADAP TINGKAT PELAYANAN TERMINAL ANGKUTAN PENUMPANG (STUDI KASUS TERMINAL KABUPATEN REMBANG)”. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
20013080_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
20013080_SKIRPSI_BAB-1.pdf

Download (69kB)
[img] Text (BAB 2)
20013080_SKIRPSI_BAB-2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
20013080_SKIRPSI_BAB-3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
20013080_SKIRPSI_BAB-4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
20013080_SKRIPSI_BAB-5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
20013080_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Terminal Kabupaten Rembang merupakan salah satu prasarana angkutan umum di Kabupaten Rembang yang belum berfungsi optimal sesuai perannya. Pada terminal ini terdapat beberapa permasalahan diantaranya ketidaktertiban jalur transit, fasilitas layanan yang belum memenuhi standar, serta aktivitas naik turun penumpang di luar area terminal resmi atau terminal bayangan. Masalah-masalah ini tidak hanya mengurangi kenyamanan dan keamanan penumpang, tetapi juga menghambat kelancaran arus bus. Ketidaktertiban ini menunjukkan bahwa manajemen terminal belum mampu menyediakan layanan yang memadai dan sesuai harapan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi fasilitas terminal dan menganalisis persepsi masyarakat terhadap faktor-faktor tingkat pelayanan terminal angkutan penumpang di Kabupaten Rembang dan menganalisis aspek-aspek yang perlu diperbaiki menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA), dengan menentukan prioritas fasilitas yang memerlukan perbaikan dan memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kualitas layanan terminal berdasarkan penilaian responden. Evaluasi dilakukan berdasarkan peraturan PM 40 Tahun 2015, dengan menggunakan observasi dan survei kuesioner yang mencakup atribut tingkat kepuasan dan kepentingan. Hasil analisis menunjukkan nilai kesesuaian sebesar 64%, yang mengindikasikan ketidakpuasan. Faktor utama yang mempengaruhi persepsi ini meliputi keselamatan dan keamanan, kondisi sarana dan prasarana, kesetaraan akses, serta kualitas layanan. Persepsi tentang keamanan, kondisi fasilitas yang tidak terawat, akses yang tidak merata, dan layanan yang tidak memenuhi harapan menjadi faktor penentu ketidakpuasan masyarakat terhadap pelayanan di terminal Kabupaten Rembang. Oleh karena itu, diperlukan perbaikan dalam aspek 6 indikator pelayanan dan fasilitas terminal serta angkutan umum di Kabupaten Rembang. Peningkatan layanan fasilitas terminal berdasarkan persepsi pengguna dan faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat terhadap angkutan umum sangat diperlukan untuk mengatasi permasalahan yang ada di Terminal Kabupaten Rembang. Kata kunci : Persepsi, Nilai Kesesuaian, Importance Performance Analysis (IPA), Observasi, Terminal

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Nilai Kesesuaian, Importance Performance Analysis (IPA), Observasi, Terminal
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 20013080 20013080
Date Deposited: 19 Jul 2024 02:42
Last Modified: 19 Jul 2024 02:42
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2813

Actions (login required)

View Item View Item