ANALISIS PENGARUH RUMBLE STRIPS TERHADAP KECEPATAN PADA JALAN TOL

HENDRI, FAHRIL MAHESA (2024) ANALISIS PENGARUH RUMBLE STRIPS TERHADAP KECEPATAN PADA JALAN TOL. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
20011038-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
20011038-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (73kB)
[img] Text (BAB 2)
20011038-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
20011038-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
20011038-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
20011038-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (75kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
20011038-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Jalan tol yang memiliki kondisi geometrik yang lurus dan panjang menyebabkan kecepatan kendaraan yang menjadi tinggi dengan situasi yang monoton membuat pengemudi bosan dan mengantuk, oleh karena itu dibutuhkan alat pengendali dan pengguna jalan salah satunya pita penggaduh yang dipasang pada ruas jalan tol. Salah satu penerapan rumble strips untuk mengurangi kecepatan kendaraan pada ruas jalan bebas hambatan terdapat pada ruas jalan tol Palikanci. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rumble strips terhadap kecepatan kendaraan dengan jenis mobil penumpang, kendaraan sedang, bus besar dan truk berat di ruas tol palikanci. Metode yang digunakan dalam penelitian ini sesuai dengan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2023 dan Uji Parametrik menggunakan Uji Repeated Measures ANOVA dan Uji Non-Parametrik menggunakan Uji Friedman. Analisis data pada penelitian ini menggunakan Microsoft Excel dan software IBM SPSS Statistics. Hasil analisis pada penelitian ini didapatkan derajat kejenuhan (Dj<0,85) pada jam puncak masih memiliki kapasitas untuk menangani lebih banyak kendaraan saat jam puncak. Hasil uji perbandingan didapatkan tidak ada perbedaan secara signifikan pengaruh kecepatan kendaraan mobil penumpang (MP) saat melintasi rumble strips dengan nilai signifkansi 0,070>0,05, untuk kendaraan sedang (KS) dengan nilai signifikansi 0,83>0,05, untuk bus besar (BB) dengan nilai signifikansi 0,61 > 0,05, Sedangkan untuk kendaraan dengan jenis truk berat (TB) terdapat perubahan kecepatan secara signifikan saat melintasi rumble strips dengan nilai signifikansi sebesar 0,001<0,05. Jawaban dari persepsi pengemudi pemasangan rumble strips pada ruas tol Palikanci berpengaruh dan efektif dalam mengurangi kecepatan kendaraan, mengingatkan pengemudi tentang objek di depan yang harus diwaspadai, dan mengingatkan pengemudi akan lokasi rawan kecelakaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pita Penggaduh, Kecepatan, Uji Repeated Measures ANOVA, Persepsi Pengemudi
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: FAHRIL MAHESA HENDRI
Date Deposited: 20 Aug 2024 01:50
Last Modified: 20 Aug 2024 01:50
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2800

Actions (login required)

View Item View Item