ANALISIS PERHITUNGAN SISTEM REM PARKIR KENDARAAN BERMOTOR PADA JALAN TANJAKAN

WIDIYANTO, TRI (2024) ANALISIS PERHITUNGAN SISTEM REM PARKIR KENDARAAN BERMOTOR PADA JALAN TANJAKAN. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
21031029-KKW-ABSTRAK.pdf

Download (349kB)
[img] Text (BAB 1)
21031029-KKW-BAB_1.pdf

Download (366kB)
[img] Text (BAB 2)
21031029-KKW-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
21031029-KKW-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (750kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
21031029-KKW-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (967kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
21031029-KKW-BAB_5.pdf

Download (374kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
21031029-KKW-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (971kB) | Request a copy

Abstract

Untuk mendapatkan keamanan kendaraan terparkir di jalan umumnya di permukaan jalan aspal dan jalan beton yang menanjak, faktor yang perlu diperhatikan adalah sistem rem parkir, ukuran ban, dan distribusi muatan beban yang diangkut oleh kendaraan tersebut. Kendaraan yang terparkir di atas permukaan jalan aspal dan jalan beton yang menanjak akan memberikan perbedaan terhadap koefisien gesek ban dengan permukaan jalan akibat dari kemiringan jalan dan muatan beban yang diangkut khususnya untuk mobil bus. Koefisien gesek jalan bervariasi tergantung tekstur jalan yang dilewati dan berat kendaraan yang dilewatinya. Pada penelitian ini koefisien gesek jalan yang digunakan yaitu 0,63 untuk jalan aspal dan 0,9 untuk jalan beton pada jalan tanjakan dengan variasi beban muatan yaitu tanpa muatan, muatan sesuai Jumlah Berat yang Diizinkan, dan muatan di atas Jumlah Berat yang Diizinkan dengan menggunakan mobil bus sedang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbandingan besarnya gaya rem parkir dan kekuatan rem parkir yang aman hasil perhitungan matematis kendaraan yang terparkir di jalan tanjakan dengan sudut yang ada antara 12o sampai dengan 23o. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen pada jalan tanjakan dengan analisis secara deskriptif dari hasil penelitiannya. Hasil Penelitian ini yaitu rem parkir mobil bus sedang secara perhitungan matematis dengan kondisi tanpa muatan mampu menahan kendaraan pada sudut jalan maksimal 23o dengan besar gaya 8089,70 N dan torsi 3009,37 Nm di jalan aspal dan 15o dengan besar gaya 7655,13 N dan torsi 2847,71 Nm di jalan beton. Kondisi muatan sesuai Jumlah Berat yang Diizinkan mampu menahan kendaraan pada sudut jalan maksimal 19o dengan gaya 9396,55 N dan torsi 3495,52 Nm di jalan aspal dan 13o dengan gaya 9275,05 N dan torsi 3450,32 Nm di jalan beton. Kondisi muatan di atas Jumlah Berat yang Diizinkan mampu menahan kendaraan pada sudut jalan maksimal 17o dengan gaya 9558,74 N dan torsi 3555,85 Nm di jalan aspal dan 12o dengan gaya 9710,60 N dan torsi 3612,34 Nm di jalan beton. Kekuatan pengereman berbanding lurus dengan besarnya gaya pengereman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Rem Parkir, Koefisien Gesek, Muatan, Jumlah Berat yang Diizinkan, Jalan Tanjakan.
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: 21031029 21031029
Date Deposited: 17 Jul 2024 06:27
Last Modified: 17 Jul 2024 06:27
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2790

Actions (login required)

View Item View Item