SITUMORANG, BRIGITA RIA (2024) ANALISIS BAHAYA DAN RISIKO PADA WORKSHOP PO HARYANTO BOYOLALI MENGGUNAKAN METODE HIRADC DAN FTA. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
20022065-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 1)
20022065-SKRIPSI-BAB_1.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 2)
20022065-SKRIPSI-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
20022065-SKRIPSI-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
20022065-SKRIPSI-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
20022065-SKRIPSI-BAB_5.pdf Download (1MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
20022065-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Keselamatan kerja adalah aspek yang sangat penting dalam operasional perusahaan, yang bertujuan untuk melindungi pekerja dari cedera dan penyakit yang terkait dengan pekerjaan. Ini mencakup upaya untuk mengidentifikasi, menilai, dan mengendalikan risiko yang ada di lingkungan kerja, guna menciptakan tempat kerja yang aman dan sehat. Implementasi praktik keselamatan yang baik tidak hanya melindungi pekerja, tetapi juga meningkatkan citra dan reputasi perusahaan, serta memastikan kelangsungan operasional yang efisien dan produktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi dan risiko serta menganalisis penyebabnya di Perusahaan Otobus Haryanto Boyolali. Penelitian ini menggunakan metode HIRADC dan FTA melalui observasi, dokumentasi dan wawancara dengan sampel yang terdiri dari 8 mekanik workshop dan pimpinan perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan metode HIRADC terdapat potensi bahaya dengan tingkat bahaya tinggi masuk dalam kategori high risk. Dari 23 kegiatan yang dilakukan identifikasi bahaya dan risiko, didapatkan 3 kegiatan risiko tinggi, 10 kegiatan risiko sedang dan 10 kegiatan risiko rendah. Dengan kategori high risk yaitu pengelasan, perbaikan AC dan penggantian kampas rem serta hasil dari metode FTA penyebab dari potensi bahaya dan risiko kategori high risk yaitu dikarenakan faktor manusia atau mekanik yang tidak memanfaatkan waktu istirahat dengan baik, mekanik yang masih mengabaikan APD karna menghambat pekerjaan, dan kurang nya anggaran dari perusahaan. Faktor alat dikarenakan kondisi alat yang tidak baik,peralatan yang tidak lengkap, dan pekerjaan dilakukan diatas kendaraan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keselamatan, Bahaya, Risiko, HIRADC, FTA. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif |
Depositing User: | 20022065 20022065 |
Date Deposited: | 16 Jul 2024 02:35 |
Last Modified: | 16 Jul 2024 08:08 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2773 |
Actions (login required)
View Item |